Bersembunyi di Ketenangan dan Keindahan Pulau Lima Banten

Pulau Lima adalah salah satu pulau kecil yang indah dan letaknya di Kota Serang, Banten.

105 views
0

WartaWisata.ID – BANTEN menjadi salah satu provinsi yang jarang dilirik sebagai tujuan wisata. Banten jelas belum setenar dengan pulau-pulau wisata seperti di NTT, NTB, Bali atau Papua yang memiliki Raja Ampat.

Namun, tanpa Anda sadari, Banten yang jadi tempat tinggal suku Baduy tersebut menyimpan sebuah pulau yang tidak terbantahkan indahnya.

Dari semua pulua-pulau kecil di Banten, yang memikat hati ialah Pulau Lima. Pulau di provinsi ini masih begitu sepi. Sehingga cocok bagi traveler yang mencari ketenangan yang tidak perlu pergi jauh.

Secara geografis Pulau Lima terletak di Kota Serang, Banten. Perjalanan dapat kita tempuh menggunakan perahu ataupun speed boat kurang lebih 25-40 menit dari pelabuhan Karangantu. Kebanyakan wisatawan yang ke sini berdomisili di Ibukota.

Jika berangkat dari Jakarta dengan transportasi umum misalnya, kalian bisa menumpang kereta api jurusan Stasiun Duri-Karangantu dengan durasi waktu 3 jam. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang angkutan umum dari Stasiun Karangantu menuju Pelabuhan Karangantu dengan biaya cuma Rp5.000 per orang selama 5 menit. Namun, apabila Anda ingin berhemat, bisa berjalan kaki karena jarak kedua lokasi cuma 500 meter.

Setibanya di pelabuhan, para pengunjung harus memasuki kawasan Pantai Gopek dengan hanya membayar tiket masuk Rp500 untuk sepeda motor dan Rp1.000 untuk pengendara mobil. Di bibir pantai ini, wisatawan bisa langsung menyewa kapal dengan berbagai banyak tujuan, seperti Pulau Tiga, Pulau Empat, Pulau Tunda, dan tentu saja Pulau Lima.

Satu unit kapal, seperti dikutip dari Liputan6, bisa disewa dengan harga Rp250 ribu hingga Rp500 ribu untuk perjalanan pulang pergi. Sementara, jika ingin ke Pulau Lima, turis hanya harus merogoh kocek sebesar Rp250 ribu untuk penyewaan satu unit kapal. Dalam satu unit kapal ini, bisa ditumpangi 10 hingga 15 orang. Jadi, jika banyak penumpang, satu orang hanya harus membayar Rp25.000 untuk jumlah 10 orang. Harga tentunya lebih murah, sekitar Rp17.000 per orang, apabila penumpang satu kapal ke Pulau Lima mencapai 15 orang.

Pesona Pulau Lima sedikit berbeda dengan pulau lainnya di Banten. Destinasi ini menarik dengan pasir putih lembut dan halus. Di sisi lain, ada juga hamparan hutan mangrove yang menawan. Untuk air lautnya bening, sehingga kalian bisa melihat keindahan bawah laut. Nah, objek wisata ini juga dilengkapi dengan gazebo untuk berteduh. Pastinya, bakalan betah lama-lama di sini.

Tertarik gak? Daripada menunggu tabungan yang tak kunjung cukup untuk berwisata ke pulau timur Indonesia, Pulau Lima Banten ini bisa jadi salah satu solusi liburan di akhir pekan kalian.

Komentar kamu?