Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai “Laskar Pelangi” di Bangka Belitung

Film "Laskar Pelangi" mengangkat pamor Provinsi Bangka Belitung. Orang penasaran dengan keindahan pantai di film itu dan berbondong-bondong ke sana. Perjalanan mereka tak sia-sia, karena Bangka punya banyak tempat indah.

96 views
0

WartaWisata.ID – Bangka Belitung memang identik dengan pantai-pantainya yang indah. Jumlahnya? Ada ratusan. Salah satu pantai yang dikenal karena keindahannya adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini merupakan salah satu lokasi syuting film “Laskar Pelangi”.

Tanjung Tinggi punya arti. “Tanjung” berarti semenanjung, sementara “tinggi” berarti dengan bebatuan yang tinggi. Jadi Pantai Tanjung Tinggi berarti semananjung dengan batu-batu yang tinggi.

Pantai Tanjung Tinggi berada di antara Tanjung Kalam dan Tanjung Pendam, tepatnya di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Tempat ini berjarak sekitar 31 km dari Kota Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung.

Kawasan Pantai Tanjung Tinggi memiliki luas sekitar 80 hektare dengan pasir putih mendominasi. Di kedua semenanjungnya, ada ratusan batu granit berukuran besar yang menjadi daya tarik tersendiri. Ukuran batu di pantai ini ada yang lebih besar dari rumah.

Keindahan pantai ini kian sempurnakan oleh laut yang tenang dengan air yang sangat jernih berwarna hijau toska. Benar-benar menyejukkan mata dan pikiran. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan ini lewat bidikan kamera. Atau cukup simpan baik-baik dalam memori kalian.

Karena ombaknya yang tergolong kecil dan tenang, pantai ini cukup aman untuk berenang. Namun, yang harus diwaspadai adalah serangan ubur-ubur, terutama saat menyelam. Bermain di pasir dan batu-batu besar yang ada di sekitarnya juga jadi aktivitas menarik di pantai ini.

Lelah bermain dan menikmati keindahan pantai ini, kalian bisa beristirahat sambil mengisi perut dengan makanan khas Belitung yaitu gangan. Gangan adalah masakan berupa sayur dengan kunyit sebagai bumbu utama. lalu diolah bersama nanas muda dan kepala ikan.

Buat kalian penyuka pantai, jangan sampai melewatkan keindahan Pantai Tanjung Tinggi ya.

Komentar kamu?