Menyelam Dengan Ikan Pari di Pulau Guraici

Pulau Guraici memiliki hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantainya, lengkap dengan berbagai jenis terumbu karang yang ada di dasar laut. Segala keistimewaan itu membuat pulau ini disandingkan dengan Maldive. Sama-sama eksotis.

116 views
0

WartaWisata.ID – Keindahan wilayah Timur Indonesia seolah tak ada habisnya. Selalu ada tempat istimewa untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Guraici di Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Pulau kecil yang tampak sendirian ini memberikan kesan private dan tenang. Hal inilah yang menjadikan Pulau Guraici begitu terkenal hingga ke mancanegara.

Pulau Guraici memiliki hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantainya, lengkap dengan berbagai jenis terumbu karang yang ada di dasar laut. Segala keistimewaan itu membuat pulau ini disandingkan dengan Maldive. Sama-sama eksotis.

Guraici dalam bahasa lokal memiliki arti kebun kecil. Pulau ini memang tergolong kecil, dan dapat dikelilingi hanya dengan berjalan kaki selama 5 menit.

Pulau Guraici ini tidak berpenghuni.Kamu harus menginap di pulau Pulau Lelei yang terletak tak jauh dari pulau itu. Di sana terdapat cottage dan homestay yang bisa dipilih oleh kalian.

Dari Pulau Lelei, bisa menyewa ketinting menuju tempat itu. Selain menikmati hamparan pasir putih, kamu juga bisa snorkeling dan diving di perairan sekitar pulau. Jika beruntung, dapat menyaksikan dari dekat keanggunan ikan pari alias manta fish. Bahkan bisa pula menyelam beriringan dengan mahluk laut besar itu.

Selain menyelam, Pulau Guraici merupakan lokasi yang tepat untuk lo yang memiliki hobi memancing. Lokasi perairan Guraici yang dilalui oleh garis khatulistiwa membuat banyak ikan berkumpul di perairan ini. Peluang para pemancing mendapat ikan menjadi sangat besar.

Untuk mengunjungi pulau Guraici, kalian harus ke Ternate terlebih dahulu. Dari Ternate perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal penumpang SS Bajoe 2 yang berangkat setiap rabu dan jumat pukul 08:30 dari pelabuhan Bastiong ke Pulai Lelei.

Kapal ini menyediakan tempat tidur bagi penumpang untuk beristirahat dalam 5 samoai 6 jam perjalanan laut. Jika beruntung, di tengah perjalanan bisa melihat kawanan lumba-lumba bermain-main di selitar kapal.

Waktu paling pas mendatangi pulau itu adalah pada bulan Juli, saat ada gelaran Festival Guraici. Kalian tidak hanya disuguhi pemandangan alam yang indah namun juga kesenian tradisonal seperti tari soya-soya, tari bidadari, dan tari cakalele.

Komentar kamu?