Berlibur ke Puncak Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo tidak terlalu tinggi, karena tingginya hanya 1.894 mdpl, sebenarnya Gunung Telomoyo kurang begitu terkenal di kalangan para pendaki.

108 views
0

WartaWisata.ID – Indonesia sangat kaya akan keindahan gunungnya, karena Indonesia terletak di jalur cincin api. Terhitung ada ratusan gunung yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Salah satu provinsi yang mempunyai banyak gunung dengan pemandangan sangat indah adalah Jawa Tengah. Hampir ada 10 gunung lebih yang masuk di kawasan ini, di antaranya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, hingga Gunung Sumbing.

Di Jawa Tengah, ada satu gunung yang mempunyai pemandangan sangat indah, salah satu Telomoyo. Secara geografis Gunung Telomoyo berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang.

Akses untuk menuju puncak Gunung Telomoyo bisa lewat Desa Pandean Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang dan lewat Desa Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Gunung Telomoyo tidak terlalu tinggi, karena tingginya hanya 1.894 mdpl, sebenarnya Gunung Telomoyo kurang begitu terkenal di kalangan para pendaki. Tetapi keindahan pemandangan dari atas Gunung Telomoyo ini sangat memesona, dan tak kalah keren dengan gunung-gunung yang lain yang ada di Jawa Tengah.

Melihat Sunrise di Telomoyo

Untuk bisa melihat sunrise di Puncak Gunung Telomoyo tak perlu camping, karena untuk sampai puncak Gunung Telomoyo kita bisa berangkat sekitar pukul 02.00 atau 03.00 pagi menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Jadi tidak perlu capek-capek lagi mendaki Gunung Telomoyo.

Perjalanan menuju ke puncak Gunung Telomoyo sangat istimewa, karena sangat menguji adrenalin. Setelah masuk pintu gerbang Gunung Telomoyo jalannya agak rusak dan berkelok kelok. Selain itu jalannya juga sempit hanya bisa dilalui satu mobil. untuk bisa sampai di puncak Gunung Telomoyo ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit menggunakan mobil atau sepeda motor.

Untuk bisa naik ke puncak Gunung Telomoyo kita hanya cukup membayar tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Kita tak perlu khawatir karena tiket masuknya sangat murah, dan akan mendapatkan pemandangan yang sangat istimewa.

Setelah 45 menit perjalanan akhirnya sampai juga di puncak Gunung Telomoyo tepat pukul 04.10 menit. Di atas puncak Gunung Telomoyo rasa dingin semakin mencekam, tetapi rasa dingin akan hilang setelah melihat indahnya lampu-lampu yang menghiasi Kota Salatiga, lalu muncul matahari dari ufuk timur dengan sangat jelas.

Paralayang di Telomoyo

Di atas Gunung Telomoyo juga terdapat pacuan gantole atau landasan paralayang, dari sini kita bisa duduk sambil menikmati sunrise dan indahnya Kota Salatiga. Landasan paralayang ini adalah salah satu spot favorit para wisatawan untuk berfoto, karena di Gunung Telomoyo pemandangannya sangat indah sekali dan sangat Instagramable.

Selain itu kita juga bisa melihat pemandangan gunung-gunung yang berada di sekitar Gunung Telomoyo, seperti melihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi di sebelah selatan, Gunung Ungaran di sebelah utara, Gunung Lawu disebelah timur dan Gunung Andong, Gunung Tidar, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing di sebelah barat.

Komentar kamu?