Bukit Tapan, Menjadi Surga Wisata Indonesia

Jambi memang lebih dikenal dengan Gunung Kerinci. Tapi, ada satu daerah yang tak kalah seru untuk ditelusuri, Bukit Tapan namanya.

111 views
0

WartaWisata.ID – Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata Jambi? Mungkin salah satu hal yang paling diingat ketika mendengar kata Jambi adalah Gunung Kerinci. Gunung satu ini memang berada di kota Jambi.

Tapi, selain Gunung Kerinci, ada satu spot lagi yang layak untuk dikunjungi bagi para pecinta alam, Bukit Tapan namanya. Bukit satu ini letaknya tidak jauh dari Gunung Kerinci. Penasaran dengan Bukit Tapan? Mari kita simak fakta menariknya di bawah ini!

Bukit Tapan memiliki fungsi yang vital bagi keberlangsungan fauna di tanah air. Ya, bukit ini merupakan habitat berbagai satwa langka di Indonesia. Bahkan, beberapa jenis hewan yang hidup di bukit ini berstatus hampir punah.

Kalian tentu tahu bahwa Indonesia memiliki keistimewaan fauna pada jenis burung liar. Nah, bukit satu ini menjadi habitat burung endemik yang jarang ditemukan di tempat lain di tanah air. Bukit Tapan memiliki satu jalur yang merupakan jalur favorit para pengamat burung. Hal ini karena jalur tersebut merupakan jalur yang seringkali dihuni oleh burung endemik.

Jika berkesempatan bermalam di Bukit Tapan, kalian akan disuguhkan suara siamang bersahutan di malam hari dan nyanyian burung dan suara serangga di pagi hari. Tentu hal ini belum tentu kita dapatkan di bukit lain, terlebih di perkotaan.

Ada tiga jalur yang dapat kita ambil untuk menuju Bukit Tapan. Perbedaan ketiga jalur ini bukan seperti jalur pendakian gunung, melainkan dari daerah mana kita berangkat.

Jalur pertama adalah lewat Jambi. Jalur lainnya ada dari Sungai Penuh. Sedikit informasi, jalur ini merupakan jalur terbaik untuk menuju ke Bukit Tapan. Jalurnya yang bersahabat serta jaraknya yang tidak terlalu jauh, menjadikannya sebagai titik keberangkatan paling favorit ke Bukit Tapan.

Terakhir, ada jalur Bukittinggi. Jalur ini merupakan jalur terjauh untuk menuju Bukit Tapan. Tapi, tingginya minat orang Sumatra Barat untuk pergi ke bukit ini membuat jalur satu ini pun terbilang ramai.

Nah, terbayang betapa serunya menghabiskan liburan di Bukit Tapan, bukan? Siapkan waktu kalian untuk menyaksikan langsung satwa langka di bukit satu ini!

Komentar kamu?