Tips Menyeberang ke Nusa Penida

Setelah paham bagaimana caranya pergi ke Nusa Penida dari Sanur, kita juga perlu memperhatikan hal-hal lain sebelum berkunjung ke pulau ini. Salah satunya adalah tidak berkunjung pada bulan Juni.

111 views
0

WartaWisata.ID – Kalian pasti sudah melihat banyak foto-foto panorama Nusa Penida di media sosial, bukan? Sensasi merasakan keindahan secara langsung itulah yang tidak ingin dilewatkan para turis. Untuk itu, kita harus mengetahui tips perjalanan ke Nusa Penida agar liburanmu semakin menyenangkan.

Banyak wisatawan bingung caranya menyeberang ke Nusa Penida dari Pulau Bali. Sekarang, satu-satunya akses yang bisa digunakan untuk pergi ke Nusa Penida adalah dengan jalur laut, karena di sana belum tersedia landasan untuk pesawat kecil sekalipun. Kita bisa menggunakan jalur dari Sanur, di sana terdapat fast boat yang akan mengantarmu ke Nusa Penida.

Caranya pun mudah saja. Kita hanya perlu mengunjungi Pantai Sanur yang berada di sebelah Timur Kota Denpasar. Kemudian, cari saja loket tiket resmi penyeberangan kapal cepat menuju Nusa Penida. Namun, sebelum itu biasanya kita akan ditawari oleh berbagai jasa antar ke Nusa Penida dengan penawaran harga yang berbeda-beda. Tentu harus pintar-pintar bernegosiasi juga dalam hal ini untuk mendapatkan harga terbaik.

Sementara, ada beberapa kapal yang memang khusus digunakan untuk menyeberang ke Nusa Penida. Beberapa di antaranya adalah Idola Express, Prasi Sentana, Caspla Bali, Maruti Express, Mola-Mola dan Dwi Manunggal. Dengan menggunakan kapal tersebut, kita hanya perlu waktu sekitar 30 menit untuk menyeberang dari Sanur ke Nusa Penida.

Kapal-kapal ini memiliki jadwal keberangkatan masing-masing baik dari Sanur maupun dari Nusa Penida. Misalnya saja, Mola-Mola yang berangkat setiap pukul 08.30 dan 16.30 WITA dari Sanur. Sementara, dari Nusa Penida kapal ini berangkat pukul 07.30 dan 15.30 WITA. Jadi, sebaiknya mencari informasi tentang keberangkatan kapal terlebih dahulu supaya tidak bentrok dengan agenda lainnya.

Bagi wisatawan dalam negeri, biayanya mulai dari Rp75.000 sampai dengan Rp100.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing, biayanya mulai dari Rp150.000 sampai Rp175.000 per orangnya.

Tips Perjalanan ke Nusa Penida Lainnya

Setelah paham bagaimana caranya pergi ke Nusa Penida dari Sanur, kita juga perlu memperhatikan hal-hal lain sebelum berkunjung ke pulau ini. Salah satunya adalah tidak berkunjung pada bulan Juni.

Kenapa? Karena di bulan ini kita akan mendapati ombak laut yang cukup besar dan bisa membuat mual. Hal tersebut disebabkan, angin dari arah Australia sedang berhembus kencang dan terasa sekali di Pulau Bali. Kapal cepat bisa saja mendadak mati mesinnya di tengah laut karena terpaan angin dan ombak yang besar ini.

Tips perjalanan ke Nusa Penida selanjutnya adalah mempersiapkan uang tunai. Di sana, kita tidak akan menemukan mesin-mesin ATM yang berderet sepanjang jalan seperti di tempat wisata Bali pada umumnya. Nusa Penida adalah daerah yang masih perawan dan alami, sehingga fasilitasnya pun masih apa adanya.

Menyewa seorang tour guide juga merupakan cara aman untuk bisa menjelajah di seluruh kawasan pulau ini. Jangan harap bisa mengandalkan GPS atau sewa kendaraan sendiri, karena di sana masih susah sinyal dan jalanannya pun jelek. Selain itu, kamu sebaiknya juga memilih hotel yang mempunyai fasilitas restoran di dalamnya agar tidak bingung mau mencari makan ke mana jika sewaktu-waktu lapar menyerang.

Nah, itu dia beberapa tips perjalanan ke Nusa Penida yang bisa kamu coba. Sudah siap berlibur sekarang?

Komentar kamu?