Menikmati Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Sebab sepanjang perjalanan menyaksikan hamparan sawah dihiasi lambaian nyiur kelapa. Apalagi jika bertepatan dengan saat musim panen tiba. Pemandangan hijau nan elegan akan tersaji di depan mata.

101 views
0

WartaWisata.ID – Air Terjun Sri Gethuk merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata alam di Yogyakarta. Objek wisata alam ini berlokasi di Dusun Menggoran (Padukuhan Menggoran), Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Untuk mencapai air terjun Sri Gethuk harus melalui jalan setapak atau menuruni tangga disambung dengan menyusuri Sungai Oyo menggunakan perahu. Cara yang mana pun, pemandangan menuju lokasi tetap sama indahnya. Barisan tebing kapur dan pepohonan yang rimbun, akan membuat siapa pun enggan berpaling.

Jika memilih opsi pertama yaitu kalian yang memilih menyusuri jalan setapak atau jalur trekking, kita harus menempuh jarak kurang lebih 450 meter dan meniti 96 undakan anak tangga.

Sebab sepanjang perjalanan menyaksikan hamparan sawah dihiasi lambaian nyiur kelapa. Apalagi jika bertepatan dengan saat musim panen tiba. Pemandangan hijau nan elegan akan tersaji di depan mata. Pemandangan sawah ini biasanya mampu mengalihkan perhatian wisatawan.

Untuk opsi kedua kalian bisa memilih melintasi derasnya arus Sungai Oyo dengan perahu yang ongkosnya Rp5.000 per orang. Masalahnya, perahu di sini lebih mirip rakit darurat dibangun dari papan dan drum bekas. Jika kalian cukup bernyali, rasanya opsi ini boleh diambil.

Jarak menuju ke air terjun Sri Gethuk utama sebenarnya tidak terlalu jauh. Hanya saja perahu rakitan drum bekas dan papan tersebut memang tidak dirancang untuk kecepatan tinggi. Apalagi penggeraknya sekadar mencomot dari mesin potong rumput.

Dengan demikian selama 5-10 menit perjalanan menuju air terjun Sri Gethuk, kita dapat menikmati hamparan pemandangan, keindahan alam, segarnya udara di sekitar lokasi, dan nuansa hijau yang tercipta dari pohon-pohon yang berada di sekitar tebih mampu memanjakan mata.

Air Terjun Sri Gethuk paling pas dikunjungi pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB karena selain belum terlalu ramai, juga belum terlalu ramai. Tepat pukul 16.30 WIB, kita sudah harus meninggalkan Air Terjun Sri Gethuk.

Komentar kamu?