Toge Asep Betawi Dalam Perubahan Zaman Kini

Seiring perubahan Jaman, namanya saja yang berubah dari Toge Asap menjadi Toge Goreng. Walaupun namanya Toge Goreng, sebenarnya bukan juga digoreng dalam minyak panas, tapi hanya direbus biasa lalu disiram dengan saus tauco oncom yang kental.

159 views
0

Wartawisata.ID – Pernah merasakan makanan yang hanya nikmat kalau berasap? Kalau belum, wargawisata wajib merasakan toge asap yang kini lebih populer dikenal dengan toge goreng. Tapi ini pun tak benar-benar berasap seperti yang dibayangkan, pastinya makannya akan lebih enak saat baru dimasak yang masih terasa panas dan berasap. Adapun alasan perubahan dari toge asep menjadi toge goreng ini hanya soal cara masaknya, kalau dulu pake kayu arang yang menghasilkan asap, kini masaknya menggunakan kompor gas.

Nah, walaupun namanya toge goreng, sebenarnya bukan juga digoreng dalam minyak panas, tapi hanya direbus biasa lalu disiram dengan saus tauco oncom yang kental. Toge goreng betawi cukup terkenal di daerah Jakarta dan Bogor. Setelah toge matang, kemudian ditambahkan lontong, mie basah dan tahu. Kombinasi rasa dari sausnya benar benar bercitarasa spesial yang menggoyang lidah. Ada manis, pedas dan yang paling terasa adalah segarnya tauco yang bumbunya terdapat campuran lengkuas, bawang merah, daun salam, irisan tomat, daun bawang, kucai, kecap manis, air jeruk nipis, dan garam.

Toge Goreng merupakan makanan legendaris dari betawi yang populer di Jakarta dan Bogor. Asal muasal makanan ini berawal dari kuliner Tionghoa yang umum menggunakan tauge, mi dan tauco atau bahan dari kedelai. Dan konon toge goreng ini lahir dari pergaulan antara Tionghoa dan Eropa melalui spaghetti dengan pasta tomatnya yang masam dan kemudian disesuaikan dengan selera lokal orang betawi jaman itu.

Babe Malih adalah salah seorang keturunan Betawi yang berusaha menyajikan ragam macam khas betawi yang ada, salah satu yang diandalkannya adalah toge goreng Betawi. Bagi wargawisata yang ingin merasakan toge goreng Betawi Bang Malih dapat ditemukan di Lenggang Jakarta, Monas. Harganya yang masuk dikantong dan cita rasa yang berbeda dari makanan khas Betawi lainnya. Ini menjadi kuliner wajib bagi wargawisata yang pelesir ke Jakarta.

Penasaran ingin berasap ria sambil menikmati santapan lezat…

Komentar kamu?