Landmark Kota Cirebon Yang Harus Kamu Tau

Sudah pernah ke Cirebon tapi masih tidak hafal dengan jalan-jalan yang ada, ini dia lima landmark Kota Udang yang bisa Sobat Pesona jadikan patokan.

139 views
0

WartaWisata.ID – Terkenal dengan julukan Kota Udang, Cirebon sejatinya merupakan kota yang kerap dilalui oleh para pemudik yang hendak pulang kampung lewat di jalur Pantura (Pantai Utara). Nama kota ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para kalian, bukan? Jika kalian sedang berkunjung ke sinj dan kebetulan terpisah dengan rombongan, ada beberapa landmark yang bisa kita jadikan patokan.

Kira-kira kalian tahukah dimana landmark-landmark tersebut? Berikut adalah lima landmark yang ada di kota Cirebon.

Cirebon Super Block Mall (CSB Mall)

Terletak di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, CSB Mall merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Kota Cirebon, dimana dulunya mall dipegang oleh Grage Cirebon. Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo sendiri bisa dibilang sebagai jalan paling penting di Cirebon, sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan lokasi ini.

Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan

Landmark lain yang bisa kalian jadikan patokan di Cirebon adalah Keraton Kanoman. Terletak di Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon, seyogyanya hampir tidak ada warga Cirebon yang tidak mengetahui akan lokasi ini.

Pun halnya dengan Keraton Kasepuhan, dimana keraton yang terletak di Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon cocok untuk dijadikan tempat ketemuan.

PAM Tower Cirebon

Terletak di Jl. Tuparev No. 25, Pekiringan, Kesambi, Cirebon ini juga bisa dibilang sebagai salah satu landmark kota Cirebon, dimana menara milik PDAM Tirta Dharma ini berada di perbatasan kota Cirebon. Di sini, kalian bisa melihat gerbang kota Udang yang bertuliskan “Selamat Datang di Cirebon” dan “Cirebon Kota Berintan”.

Masjid Raya At-Taqwa

Hampir tidak ada yang tidak tahu dengan masjid ini. Bagaimana tidak, masjid ini terletak berdekatan dengan Alun-Alun Kejaksan. Adapun lokasi persis dari Masjid Raya At-Taqwa ini berada di Jl. Kartini No. 2, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

Satu ciri khas dari Masjid Raya At-Taqwa ini adalah eksistensi dari lima menara yang seolah ‘menjaga’ masjid ini.

Alun-Alun Kejaksan

Tempat terakhir yang menjadi landmark kota Cirebon adalah Alun-Alun Cirebon. Selain terletak persis di samping Masjid Raya At-Taqwa, alun-alun ini juga berdekatan dengan Stasiun Cirebon dan rumah dinas Bupati Cirebon atau yang biasa disebut Pendopo.

Komentar kamu?