Ketahui Tentang Festival Budaya Iraw Tengkayu

Iraw Tengkayu, merupakan upacara tradisional yang diadakan oleh masyarakat suku Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara.

42 views
0

WartaWisata.ID – Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional yang diadakan oleh masyarakat suku Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara.

Festival ini berupa upacara ritual menghanyutkan sesaji ke laut, festival ini biasanya dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dan bertepatan dengan hari jadi Kota Tarakan. Acara ini tentu akan menjadi acara yang sangat dinanti dan istimewa karena tidak setiap tahun digelar.

Destinasi

Pada saat datang ke Tarakan, kita bisa datang ke beberapa detinasi yang ada di sana. Misalnya datang ke Tebing Karang Tanjung Pasir yang ada di daerah Mampurungan Tarakan Timur, melihat rumah Baloy yang merupakan rumah adat suku Tidung, Pantai Amal, Museum Rumah Bundar, bahkan ke Taman Oval Ladang.

Kuliner

Saat datang ke Tarakan cobalah mencicipi kuliner khas Tarakan seperti sayur santan daun singkong tumbuk, tumis kapa (jenis kerang laut yang kaya akan protein), sate temburungan (biota laut), ikan asin richa dan masih banyak lagi makan khas yang bisa dicicipi di sana.

Akses

Pergi ke Tarakan bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandar Udara Internasional Juwata. Dari bandara Juwata bisa meneruskan perjalanan menggunakan taksi bandara dengan tujuan kota Tarakan. Kita juga bisa naik angkutan umum Damri dari bandara ke kota. Angkutan kota di Tarakan yang bisa digunakan adalah taksi, angkutan kota, ojek dan rental mobil.  Hotel di Tarakan beragam, mulai dari hotel budget hingga hotel bintang lima yang bisa kita pesan melalui online atau datang langsung.

Tanggal

1-31 Desember 2019

Tempat

Kota Tarakan

Penyelenggara

Dinas Pariwisata Prov Kalimanatan Utar

Komentar kamu?