Laksa Betawi yang Otentik Dikenal Hingga Mancanegara

Mpok Ipeh seorang asli warga betawi yang berjualan laksa betawi sejak dua puluh tahunan ini, menyampaikan bahwa dia mendapatkan resepnya secara turun menurun.

133 views
0

Wartawisata.ID – Satu lagi makanan khas tradisional betawi yang wajib dirasakan kenikmatan rasanya saat mengunjungi kota Jakarta yaitu laksa betawi. Makanan khas laksa betawi yang sudah jarang ditemukan ini memiliki rasa unik yang berbeda, kuah laksa betawi berwarna kekuningan yang terbuat dari udang rebon membuat rasanya menjadi khas dan segar.

Dilihat dari sejarahnya, Laksa betawi memiliki perjalanan yang sangat panjang. Dimulai sejak abad ke 16, ketika bangsa Indonesia diperkenalkan rempah-rempah oleh para pedagang. Saat itu warga china yang datang dan mendirikan pemukiman di Indonesia menambahkan ragam bumbu mereka sendiri ke dalam sup tradisional china yang kemudian melahirkan laksa. Selanjutnya orang betawi saat itu menciptakan dengan racikan bumbunya sendiri yang menjadi identitas kuat sebagai laksa betawi hingga kini.

Pada umumnya Laksa bukan hanya dimiliki oleh orang indonesia, tapi juga dikenal luas hingga malaysia, singapura dan thailand dimana seluruhnya memiliki cita rasa yang berbeda. Dari aroma yang menggiurkan lidah, hingga rasa dan teksturnya yang kaya, tidak mengagetkan jika laksa yang pedas dan sederhana menjadi salah satu hidangan yang paling dicari di Asia Tenggara. Bahkan mendiang chef legendaris, Anthony Bourdain, mengatakan bahwa laksa menjadi makanan terbaik yang pernah ada.

Mpok Ipeh seorang asli warga betawi yang berjualan laksa betawi sejak dua puluh tahunan ini, menyampaikan bahwa dia mendapatkan resepnya secara turun menurun. Umumnya, laksa betawi berisi telur, ketupat, tauge pendek, daun kemangi, dan kucai. Ada juga yang menambahkan bihun dan perkedel sebagai variasi. Sedangkan bumbu yang digunakan ternyata sangat melimpah jumlahnya. Mulai dari lengkuas, kunyit, jahe, temu, jintan, lada, sereh, biji pala, kemiri, daun jeruk, daun salam, ketumbar serta rebon. Bumbu-bumbu ini semuanya digiling sampai halus kemudian ditumis dan dicampur dengan santan.

Tidak diragukan lagi keunikan cita rasa khas dari laksa betawi yang menyatukan aneka ragam bumbu. Ini yang membuat warung laksa betawi Mpok Ipeh ramai dikunjungi setiap waktu. Bagi wargaisata yang ingin mencipipi hidangan laksa betawi Mpok Ipeh ini dapat dikunjungi warungnya di Lenggang Jakarta, Monas. Jangan lupa ajak kerabat untuk melengkapi suasana kebersamaan yang istimewa dengan hidangan otentik jakarta ini.

Penasaran untuk memenuhi selera lidah anda… ?

Komentar kamu?