7 Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Dicicipi

Makanan adalah bagian dari wisata yang tak bisa dipisahkan begitu saja. Tiap daerah punya ciri dan rasa khas yang wajib untuk dicoba.

95 views
0

WartaWisata.ID – Tak ada yang rela berkunjung ke suatu kota tanpa merasakan kulinernya. Apalagi di Cirebon yang terkenal dengan kota udang yang juga memiliki beragam wisata kuliner. Banyak makanan khas Cirebon yang menggugah selera.

Jika kalian berkunjung ke Cirebon sisihkan waktu untuk mencicipi beberapa masakan khas ini.

Docang

Docang adalah menu yang terdiri dari lontong, daun singkong, tauge, parutan kelapa dan kerupuk di atasnya dengan bumbu sayur oncom dikombinasikan bungkil kacang tanah. Dengan bumbu yang unik tersebut, membuat Docang memiliki rasa kuah yang sangat gurih dan segar. Sekilas mirip lontong sayur, dengan kuah santan kemerahan. Docang banyak dijajakan di lokasi-lokasi keramaian Cirebon. Seperti di alun-alun dan seputaran pusat perbelanjaan seperti Cirebon Super Block Mall dan Grage City Mall.

Empal Gentong

Kuliner Empal Gentong Cirebon sangat akrab dengan para pelancong yang mengunjungi Cirebon. Dari sekian banyak kuliner Cirebon, Empal Gentong paling banyak disukai. Empal Gentong dibuat dari bahan daging sapi yang dimasak hingga memberikan daging yang bertekstur lembut.

Untuk mendapatkan daging empal yang empuk dipadukan dengan kuah yang gurih dan sedap. Pedagang biasanya memasak daging empal cukup lama, sekitar 5 jam. Selain dagingnya, Empal Gentong juga menyajikan jeroan seperti paru, babat, limpa, dan usus.

Empal Gentong Cirebon sangat mudah ditemukan di kawasan Cirebon. Bahkan, tidak sedikit yang berkeliling dengan gerobak. Tetapi ada beberapa rumah makan yang menjadi sasaran para pencinta wisata kuliner, seperti Empal Amarta, di Jalan Raya Battembat, Kabupaten Cirebon ini ternyata telah berdiri sejak 1997, Empal Apud yang diklaim sebagai empal gentong paling enak di Cirebon, letaknya Jl. H. Juanda, Cirebon.

Mie Koclok

Buat pecinta mie, jika berkunjung ke Cirebon sempatkan berburu Mie Koclok. Kabarnya, kuliner khas ini sudah ada sejak 1945. Mie Koclok disajikan dengan ayam suwir, irisan telur, tauge dan tambahan daun bawang. Kuahnya yang putih dan kental, menambah cita rasa Mie Koclok. Untuk menikmati kuliner spesial ini kalian bisa berkunjung ke warung Pak Edy, yang juga penemu makanan khas di Cirebon ini yang letaknya di Jl. Lawang Gada No. 23, Pulasaren, Cirebon.

Nasi Lengko

Nasi Lengko menggunakan bahan beragam sayuran. Berisi perpaduan nasi putih dengan lauk dan sayur yang dipotong-potong, seperti tahu dan tempe goreng, timun, tauge, daun bawang, serta seledri dengan guyuran sambal kacang yang memberikan rasa gurih. Di bagian topingnya disajikan bersama kerupuk keriting putih dan sambal rawit.

Untuk menikmati kuliner ini Sahabat Pesona bisa mengunjungi Nasi Lengko H. Barno, salah satu legenda kuliner Cirebon yang berlokasi di jalan Pagongan atau di cabangnya di jalan Bahagia. Bisa juga ke Nasi Lengko H.M Sadi yang berlokasi di gang Alas Demang I, Pegongan yang tidak kalah legendarisnya. Rasanya otentik nasi Lengko, sehingga tidak heran bila tempat ini masih ramai oleh pengunjung.

Sate Kalong

Sate kalong Cirebon bukanlah sate kelelawar. Tetapi nama kalong berhubungan dengan aktifitas penjualnya yang hanya berjualan di malam hari. Daging yang dimasak adalah daging kerbau. Sate Kalong memiliki rasa yang manis, buat yang doyan pedas bisa mencocol sate kerbau dengan sambal merah. Untuk menikmati Sate Kalong khas Cirebon ini Sahabat Pesona bisa meluncur Jalan Kesambi Dalam, Cirebon, yang dijual di atas gerobak.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot merupakan cemilan khas Cirebon yang sudah banyak dikenal dan banyak dijumpai di luar kota Cirebon. Cemilan berbahan tahu goreng yang gurih yang diguyur dengan bumbu yang dibuat dari campuran cuka, bawang putih, bawang merah, gula merah dan cabai yang dihaluskan. Rasanya unik, asam berpadu dengan gurih bikin setiap orang yang mencoba ketagihan.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati. Nasi Jamblang awalnya diperkenalkan di desa Jampang, Cirebon. Nasi yang disuguhkan dalam daun jati disuguhkan dengan beragam lauk seperti sate kentang, udang, ikan asin, ayam goreng, pepes, perkedel, bacem, dan lainnya. Lauk yang paling populer adalah cumi-cumi yang ditumis atau paru goreng.

Komentar kamu?