Kolam Mata Air Jernih Bandung Barat di Sendang Geulis Kahuripan

kolam Sendang Geulis Kahuripan merupakan Kolam mata air yang jernih viral di media sosial. Terletak di Cilangkob, Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.

3,176 views
0

WartaWisata.ID – Berbicara tentang objek wisata yang berada di bandung memang tidak ada habisnya. Kawasan dengan bentang alam yang aduhai ini memang paling cocok di jadikan sebuah destinasi wisata wajib. Apalagi, keberagaman budayanya juga tidak kalah dengan pulau dewata bali. Semunya kebutuhan pariwisata telah tersedia disini.

Kabupaten Bandung Barat di Jawa Barat memiliki segudang tempat wisata alam. Salah satunya kolam Sendang Geulis Kahuripan yang sempat viral di media sosial. Terletak di Cilangkob, Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, destinasi wisata ini memiliki keunggulan kolam yang berasal dari mata air pegunungan alami.

Foto-foto Sendang Geulis Kahuripan yang viral di medsos pun membuat semakin banyak wisatawan datang ke sana.

Airnya pun sejuk dan jernih, sehingga dasar kolam bisa dilihat dengan mata telanjang. Konon, air yang berada di Sendang Geulis Kahuripan berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menghambat penuaan kulit.

Ada tiga kolam yang bisa digunakan untuk berendam atau pun berenang. Dua kolam alami terbentuk dari bebatuan dan satu lagi, kolam atletik yang memiliki kedalaman 1 hingga 1,5 meter yang ramah bagi traveler yang membawa anak-anak.

Selain wisata kolam, kalian akan dibuat betah dengan rindangnya pepohonan. Belum lagi adanya suara curug (air terjun) yang memberi efek relaksasi maksimal.

Di atas lembah, terdapat sebuah pohon karet munding (Ficus elastica) berusia ratusan tahun yang dianggap warga berfungsi menjaga kualitas air di sana. Pohon tersebut juga membuat suasana di sekitar kolam menjadi teduh.

Sesuai namanya, Sendang Geulis Kahuripan yang berarti telaga cantik yang memberi kehidupan memang menjadi penunjang bagi kehidupan masyarakat di sana. Air yang mengalir ke hilir dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan mencuci hingga mengairi lahan kebun warga.

Meski berada di dalam pelosok perkebunan teh PTPN VIII, Sendang Geulis Kahuripan tetap menjadi destinasi favorit bagi traveler yang ingin merasakan kesejukan alami mata air. Kunjungan wisatawan kian bertambah seiring dengan menyebarnya foto keindahan kolam di media sosial.

Komentar kamu?