Kedalaman Danau Tolire Masih Misteri

Danau Tolire merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pulau Ternate Provinsi Maluku Utara. Danau ini terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Ternate. Danau Tolire berada di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertinggi di Maluku Utara.

112 views
0

WartaWisata.ID – Pulau Ternate tidak hanya kaya dengan rempah-rempah yang mengundang negara penjajah Portugis, Belanda dan Jepang mendatanginya. Tetapi, pulau ini juga memiliki segudang destinasi surga dunia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Salah satunya adalah Danau Tolire yang indah dengan legendanya yang hingga kini masih bisa disaksikan. Danau Tolire merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pulau Ternate Provinsi Maluku Utara. Danau ini terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Ternate. Danau Tolire berada di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertinggi di Maluku Utara. Untuk sampai ke Danau Tolire yang berada di Desa Takome, Kecamatan Pulau Ternate, dibutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan perjalanan darat dari pusat Kota Ternate.

Menariknya, sepanjang perjalanan ke tempat ini kita akan melihat keindahan lain dari Pulau Ternate. Rimbunnya pepohonan pala dan cengkeh bisa dijumpai di tepi jalan, ditambah dengan lingkungan pedesaan yang masih asri. Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket yang tinggi. Bahkan pengnjung dapat menggunakan kendaraan roda empat di sana sebab akses yang sudah baik.

Danau Tolire terdiri dari dua buah danau, yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Berdasarkan sejarah geologi, terbentuknya Danau Tolire adalah akibat dari letusan freatik Gamalama yang pernah terjadi daerah ini. Dari kedua danau ini, Danau Tolire Besar memiliki keunikan tersendiri. Danau ini menyerupai loyang raksasa. Dari pinggir atas hingga ke permukaan air memiliki jarak sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektare. Sementara kedalaman danau itu sendiri hingga kini tidak diketahui.

Komentar kamu?