Festival Budaya Cirebon 2019

Festival Budaya Cirebon 2019 mengambil tema ‘Kerata Pakasi Naga Lima’ itu adalah simbol kejayaan kerajaan Cirebon.

53 views
0

WartaWisata.ID – Festival Budaya Cirebon 2019 mengambil tema ‘Kerata Pakasi Naga Lima’ itu adalah simbol kejayaan kerajaan Cirebon. Paksi nagalima merupakan warisan pusaka dari Cirebon. Ide dasar festival kreasi dari tema (Paksinagalima) adalah perpautan/gabungan dari tiga jenis hewan.

Makna yang terkandung dalam paksi nagalima yaitu paksi atau burung yang mewakili budaya Tiongkok dan liman mewakili budaya India.

Destinasi

Datang ke Cirebon jangan lupa mampir ke Gua Sunyarangi, goa ini merupakan sebuah tempat pertapaan Raja Cirebon. Selain itu kita juga bisa datang ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton lainnya yang bisa dikunjungi adalah keraton Kanoman. Destinasi alam yang bisa dikunjungi adalah Telaga Nilem atau telaga biru Cicerem yang berada di Desa Kaduela, Pesawahan.

Kuliner

Berkunjung ke Cirebon tak lengkap rasanya kalau tidak mecoba kudapan khasnya. Mie Koclok, salah satu kuliner khas Cirebon yang harus kita coba, meskipun bahan dasarnya mie tapi, Mie Koclok berbeda dengan mie pada umumnya. Pembedanya ada pada kuahnya yang kental. Empal Gentong pun bisa menjadi sajian lezat jika kita berkunjung ke Cirebon, dan masih banyak kudapan lezat lainnya yang bisa kita cicipi di Cirebon.

Akses / Transportasi

Untuk menuju Cirebon dari  berbagai kita bisa menggunakan Kereta Api atau bus. Cirebon punya dua Stasiun yaiuty Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Rujakan. Transportasi di Cirebon tergolong sangat mudah dan beragam, mulai dari bus, angkutan kota, taksi hingga ojek online. Hotel di Cirebon juga banyak dan beragam, mulai dari hotel budget hingga hotel berbintang. Sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan kita.

Komentar kamu?