Cita Rasa Tempe Mendoan Dengan Sambal Sesuai Selera

Menurut Bang Faisal, kelebihan Tempe Mendoan miliknya ini sangat fleksible bisa disesuaikan dengan selera dari masing-masing pelanggan

1,397 views
0

Wartawisata.ID – Tempe Mendoan Bang Faisal memang baru sekitar tiga tahun ini membuka warungnya di tengah masyarakat tepatnya di area lapangan banteng, Namun antusias warga mengantri setiap harinya tak terbendung untuk menikmati sajian khas asli bayumas ini.

Mendoan diambil dari kata Mendo yang dalam bahasa Banyumas berarti setengah matang atau lembek. Memang Tempe Mendoan tidak boleh digoreng matang apalagi terlalu matang karena jenis tempe ini berbeda dari tempe pada umumnya. Tempe mendoan digoreng setelah sebelumnya dibalut dengan adonan tepung terigu. Setelah dicelupkan dalam adonan, kemudian tempe langsung digoreng dalam minyak dan sesaat kemudian langsung diangkat.

mendoan

Banyak orang yang masih belum bisa menbedakan tempe mendoan dan tempe biasa. Sederhananya, tempe mendoan mempunyai bentuk, tekstur, sekaligus rasa yang berbeda dari tempe goreng biasa. Lebih lengkapnya, bumbu utama dari mendoan antara lain, bawang putih, ketumbar, dan garam. Kadang ada orang yang memasaknya dengan rempah-rempah lengkap seperti kemiri, sedikit jahe, dan kunyit untuk memunculkan warna kuning. Tentu hal itu kembali lagi kepada selera masing-masing. Dan bahan yang tak boleh terlupa adalah irisan daun bawang yang memberikan cita rasa yang lebih sempurna.

Menurut Bang Faisal, kelebihan tempe mendoan miliknya ini sangat fleksible bisa disesuaikan dengan selera dari masing-masing pelanggan. Maksudnya kalau yang tidak ingin rasa pedas cukup pakai saus kacang, kalau yang seleranya suka pedas ya pakai sambel kecap dan cabe rawit. Jadi Tempe ini bisa dirasakan oleh siapapun tanpa menghilangkan cira rasa tempenya.

Tempe mendoan yang merupakan makanan khas karesidenan Banyumas ini sangat familiar bagi orang-orang Jakarta dan banyak ditemui dipinggir jalan, terlebih pada musim penghujan. Tempe ini lebih enak dinikmati saat selesai hujan turun mengguyur dengan teman cemilannya segelas teh manis hangat.

Apapun situasinya, pilihan jatuh ke anda, mau yang pedas atau yang lainnya?

Komentar kamu?