Memandangi Matahari Tenggelam dari Pura Luhur Uluwatu

Berdiri di atas bukit karang setinggi 97 meter Uluwatu dalam bahasa Sanskerta berarti puncak batu karang.

171 views
0

WartaWisata.ID – Pura Luhur Uluwatu Bali memiliki status sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga poros mata angin di Pulau Bali. Pura ini terletak di desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pura Uluwatu merupakan lokasi persembayangan oleh Empu Kuturan. Pura ini juga menjadi lokasi peribadatan bagi agama Hindu sebagai agama mayoritas masyarakat Bali.

Luhur berarti atas dan sesuai namanya pura ini berdiri di atas bukit karang setinggi 97 meter dari permukaan laut. Uluwatu dalam bahasa Sanskerta berarti puncak batu karang.

Tidak hanya suasana yang sakral dan religius, kalian juga dapat menyaksikan luasnya hamparan Samudra India dengan deburan ombak yang menghantam kaki tebing. kalian juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam tanpa adanya halangan sampai matahari benar-benar tenggelam.

Di sekitar Pura Luhur terdapat banyak restoran dan warung yang menyajikan berbagai menu makanan atau minuman dengan harga yang bervariasi. Selain itu, kalian yang ingin menginap, di sekitar pura terdapat banyak penginapan dengan berbagai tipe. Tinggal pilih sesuai dengan anggaran. Dari kelas melati, villa, hingga hotel berbintang pun tersedia.

Tempat wisata religi ini dapat kalian tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor karena belum ada angkutan umum. Dan bagi kalian yang tidak membawa kendaraan sendiri tidak perlu khawatir karena banyak penyedia jasa sewa motor dan mobil di pulau Bali.

Pura Luhur Uluwatu dibuka dari pulul 07.00 – 19.00, tapi sebagian besar wisatawan memilih datang pada sore hari untuk melihat matahari terbenam.

Sama seperti tempat wisata lain, pura ini juga memasang harga tiket sebelum masuk ke dalamnya. Obyek wisata bersejarah ini memasang harga berdasarkan kategori yaitu sebesar Rp. 20.000 bagi wisatawan lokal dan Rp. 30.000 untuk wisatawan asing. Sedangkan untuk anak-anak Rp. 10.000 bagi wisatawan lokal, dan Rp. 20.000 bagi wisatawan asing. Di sini kalian juga bisa menyaksikan pertunjukan Tari Kecak di Pura Luhur yang dilangsungkan pada pukul 18.00 – 19.00 WIT setiap harinya, kecuali saat Hari Raya Nyepi dengan harga tiket Rp. 90.000 per orang.

Komentar kamu?