Nikmatnya Mangut Lele, Kuliner Khas Yogyakarta

Berbeda dengan pecel lele, mangut lele adalah sajian khas Yogyakarta berbahan dasar lele yang dipadukan dengan kuah mangut yang kaya rasa. Ini adalah sebuah upaya untuk mengangkat citarasa ikan air tawar.

125 views
0

WartaWisata.ID – Indonesia kaya akan berbagai jenis ikan. Mulai dari ikan laut yang jumlahnya tak terhitung, sampai ikan air tawar yang biasa diternak dan kemudian dijual sebagai bahan-bahan pokok untuk membuat makanan. Nah, salah satu ikan air tawar yang paling terkenal di Indonesia adalah ikan lele.

Ya, kalian pasti tidak asing dengan nama ikan lele, karena hampir di tiap jalan bisa ditemui warung pecel lele yang menjual sajian lele goreng sebagai bahan utama makanan yang dicampur dengan sambal tomat atau terasi dan nasi hangat.

Tidak cuma pecel lele, ada banyak sajian lain yang bisa dibuat juga dari bahan dasar ikan lele. Salah satu sajian itu adalah makanan khas dari Jogja yang biasa dikenal dengan nama mangut lele. Seperti namanya, lele digoreng lalu disajikan dengan mangut, atau bumbu kuah khas yang memberikan cita rasa yang sedap, sedikit pedas, gurih, dan mengelevasi rasa lele yang cenderung tawar.

Proses memasak mangut lele dimulai dengan membersihkan ikan lele, lalu membumbuinya di rendaman air jeruk nipis, bawang putih, dan garam. Setelah sedikit direndam, lele kemudian digoreng sampai matang, lalu disisihkan.

Untuk membuat kuah mangut, diperlukan bumbu halus dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, kencur, dan ketumbar. Bumbu halus ini kemudian ditumis bersama lengkuas, daun jeruk, serai, dan daun salam.

Setelah bumbu mengeluarkan aroma yang sedap, itu artinya sudah cukup matang, sehingga bisa ditambahkan air bersama santan, lalu diaduk. Tambahkan juga kecap, garam, dan gula, lalu di akhir, lele yang sebelumnya sudah dimasak. Terus masak sampai kuah semakin berkurang dan teksturnya semakin kental. Setelah itu, hidangan mangut lele bisa segera disajikan.

Tentu berbeda, ya, dibandingkan dengan pecel lele biasa yang penyajiannya lebih sederhana. Ketika kalian tengah mengunjungi Jogja, jangan lupa untuk mencoba mangut lele.

 

Komentar kamu?