Indahnya Motif Merak di Batik Garut

Keanekargaman batik Nusantara memang sangat tinggi. Salah satunya adalah batik Garutan yang motifnya sangat khas dan menarik.

1,794 views
0

WartaWisata.ID – Motif atau pla dalam setiap batik mengandung makna tertentu, termasuk batik Garut yang biasa disebut dengan nama batik Garutan ini. Ciri khas dari batik jenis ini adalah pola geometriknya yang mengambil pola dari flora dan fauna.

Biasanya, motif batik dipengaruhi oleh keadaan tempat asal kota pembatik tersebut. Kabupaten Garut, Jawa Barat dikenal dengan kotanya yang tenang dan nyaman sehingga warna yang digunakan pada batik ini cenderung lembut. Motifnya memberikan pesan tenang dan bersahaja sehingga cocok digunakan untuk segala usia.

Motifnya variatif namun tetap berpijak pada flora dan fauna. Misalnya motif Bulu Hayam yang mengacu pada ayam. Lereng Kangkung pada perkebunan kangkung yang ada di kota ini. Juga ada motif Ngibing yang terinspirasi pada burung merak yang sedang menari.

Batik Garutan mulai dikenal luas oleh para pecinta batik dari berbagai belahan dunia. Hingga kini, harga batik asal Garut ini juga terbilang mahal. Kain batik Garutan bermotif Bulu Hayam misalnya, harganya bisa mencapai Rp. 1,5 juta per meter persegi. Tapi karena kualitasnya yang tinggi kalian tak akan merasa rugi mengeluarkan uang sejumlah itu untuk mendapatkan batik jenis ini.

Komentar kamu?