Gili Trawangan Destinasi yang Bebas Polusi

Gili Trawangan, tak ada kendaraan bermotor di sana. Betul-betul wisata sehat yang bisa kamu coba

1,763 views
0

WartaWisata.ID – Sebuah tempat wisata biasanya ditunjang dengan berbagai macam kendaraan agar mempermudah akses untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satunya adalah motor. Motor menjadi pilihan, selain bisa menembus kemacetan, juga bisa memasuki wilayah yang setapaknya kecil dan tak bisa dilalui mobil.

Namun, berbeda dengan tempat wisata Gili Trawangan, salah satu tujuan wisata yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Walau sudah terkenal hingga ke mancanegara, rupanya tidak ada satupun motor melintas di kawasan ini. Apalagi mobil.

Faktor awal kenapa motor tidak melintas di sana, yakni alasan ekonomi. Penduduk setempat umumnya kurang mampu, sehingga sempat dibuatkan sebuah peraturan yang tidak tertulis secara adat atau yang disebut awig-awig oleh masyarakat setempat, tidak memperbolehkan kendaraan bermotor melintas.

Tetapi setelah Gili Trawangan semakin terkenal dengan kawasan wisata lautnya yang mempesona, peraturan ini pun dibuat menjadi sebuah peraturan yang resmi oleh desa setempat agar menciptakan sebuah suasana baru dan nyaman bagi turis yang datang.

Walau disebut sebagai pulau terbesar dibandingkan dengan Gili Air dan Gili Meno, bila berkeliling dengan mengunakan kendaraan bermotor, Gili Trawangan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam saja. Faktor lainnya masyarakat setempat pun tidak memilih menggunakan kendaraan bermotor karena kandungan garam udara yang ada di ketiga Gili ini sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan motor cepat rusak.

Bila berkunjung ke kawasan ini bukan berarti kamu tidak dapat menemukan transport apapun. Tempat wisata ini terdapat sepeda yang dapat kamu sewa untuk berkeliling. Tarif yang dikenakan untuk sewa satu buah sepeda juga cukup murah yaitu Rp 15 ribu saja. Bagi para penduduk lokal, inilah cara mereka untuk dapat tambahan nafkah.

Tak hanya sepeda saja, bila kamu sudah lelah mengayuh pedal kamu juga bisa memilih alternatif lain untuk menaiki Cidomo atau Delman khas Lombok yang tarifnya Rp 50 ribu per orang. Meski agak mahal, tapi kamu tidak akan kecewa lantaran bisa menikmati sehat dan indahnya berwisata ke Gili Trawangan. Ke sana, yuk!

Komentar kamu?