Kearifan Lokal Bir Pletok Dalam Budaya Betawi Yang Tak Lekang Jaman

Adalah Bir Pletok Bang Isra, seorang asli keturunan betawi yang masih melestarikan minuman khas betawi ini yang bisa dinikmati dalam kondisi panas maupun dingin

185 views
0

Wartawisata.ID – Bir apa yang tidak memabukkan? Tentunya semua orang tahunya bir itu pasti mengandung alkohol dan bisa membuat orang mabuk. Namun bagi yang mengenal Bir Pletok, minuman tradisional khas betawi, minuman bir ini tidaklah memabukkan. Justru minuman ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan si peminumnya. Adalah Bir Pletok Bang Isra, seorang asli keturunan betawi yang masih melestarikan minuman khas betawi ini yang bisa dinikmati dalam kondisi panas maupun dingin.

Arti dari kata Bir itu sendiri pada dasarnya diambil dari bahasa arab yang memiliki arti sebagai sumber air. Sedangkan kata Pletok diambil dari sebuah moment jaman dulu, dimana saat orang Belanda membuka tutup botol wine bunyinya mengeluarkan suara pletok. Jadilah penggabungan dua kata tersebut menjadi bir pletok seperti yang dikenal hingga saat ini.

Bir pletok minuman tradisional ini sekarang lebih dikenal sebagai minuman penyegar yang dibuat dari bahan campuran beberapa rempah, yaitu jahe, cengkeh, biji pala, kapulaga, kayumanis, sere, daun pandan, sedangkan untuk pewarna alaminya diambil dari bahan kayu secang. Menurut bu Ningsih yang lebih akrab dipanggil dengan Mpok Isra, menyampaikan manfaat dari bir pletok itu sendiri sangat banyak bagi kesehatan diantaranya untuk masuk angin, melancarkan peredaran darah dan bagus untuk pencernaan.

Mpok Isro menyampaikan bahwa awalnya dia membuat bir pletok ini selain karena terpanggil untuk membuat minuman ikon khas betawi yang bernilai bisnis. Alhasil minuman Bir Pletok Bang Isro ini memiliki prospek yang bagus, terlebih setiap adanya event kuliner betawi yang dia ikuti. Sedangkan untuk wargawisata yang ingin merasakan nikmatnya rasa yang khas dari Bir Pletok Bang Isra secara langsung dapat dikunjungi warungnya di Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Maraknya beragam minuman yang hadir saat ini, bukanlah menjadi hambatan untuk Bir Pletok tetap menjadi primadona sebagai minuman khas tradisional Betawi. Nilai kearifan lokal akan tetap melekat pada minuman ini yang sepatutnya diapreasiasi oleh wargawisata dengan merasakan langsung nikmatnya Bir Pletok dalam setiap situasi.

Bersedia mencobanya… ?

Komentar kamu?