4 Oleh-oleh Istimewa Khas Banten

Oleh-oleh dari Banten punya kekuatan di sektor kuliner. Berbagai jenis makanan khas siap dibungkus, dan dibagikan ke sanak saudara tercinta.

191 views
0

WartaWisata.ID – Sepulang berwisata ke daerah-daerah wisata di Banten, rasanya tidak lengkap kalau belum membawa pulang oleh-oleh untuk sanak keluarga. Banten kaya akan berbagai jenis kuliner yang bisa dinikmati oleh berbagai lidah masyarakat Indonesia. Dengan kekayaan alam yang begitu besar, menghadirkan berbagai citarasa nusantara yang terwujudkan dalam kuliner khas Banten.

Kira-kira, apa saja kuliner khas Banten yang bisa kalian bawa pulang dan dijadikan oleh-oleh? Berikut ulasannya.

Sate Bandeng

Hidangan khas Banten yang paling digemari masyarakat Indonesia adalah sate bandeng. Hidangan ini menghadirkan citaras yang tidak biasa, karena umumnya ayam, sapi, kambing yang jadi bahan baku untuk sebuah sate. Namun, dengan piawai, masyarakat Banten mengolah ikan bandeng menjadi sebuah santapan dalam wujud sate yang lezat. Tentunya sangat disayangkan kalau kalian tidak membawa pulang oleh-oleh ini untuk orang tercinta di rumah, dan berbagi kelezatannya.

Lepet Banten

Tak lengkap ke Banten tanpa mencoba atau membawa pulang lepet khas Banten. Lepet adalah panganan terbuat dari beras ketan berisi kacang tanah yang dibungkus dengan daun janur atau daun kelapa muda. Rasanya gurih. Makanan ini banyak bisa kita temui di Banten, dan meskipun tidak tahan lama, tetapi patut dibawa pulang untuk jadi oleh-oleh.

Kue Gipang

Kue gipang adalah kuliner kue khas Banten yang cukup mudah ditemui di Banten. Keutamaan rasa dari gipang berasal dari gula merah dan ketan. Rasa manis dan kenyal menjadi profil utama dari Gipang ini. Cocok disantap bersama kopi atau teh hangat di sore hari bersama teman-teman atau keluarga.

Kue Jojorong

Terbuat dari tepung beras dan santan kelapa serta dalamnya berisi gula aren, kue jojorong adalah makanan khas Banten yang banyak dicari. Kue ini berbentuk persegi dengan wadahnya terbuat dari daun pisang. Manis, dan moist.

Komentar kamu?