Kerak Telor Lapangan Banteng, Upaya Pemuda Mengangkat Kearifan Lokal Betawi

"Usaha Kerak Telor, merupakan usaha turun temurun dari orang tua, Semenjak saya pegang, saya melakukan rebranding dengan menamakan Kerak Telor Lapangan Banteng, agar mudah diingat dengan mengangkat Lapangan Banteng sebagai Image Location dan mengikuti minat melenial."

148 views
0

Wartawisata.ID – Kerak telur (Kerak Telor) adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

Kerak Telor Lapangan Banteng, merupakan upaya pelestarian kearifan lokal terutama makanan khas Betawi agar dapat disaat pemuda yang lain bangga dengan makanan luar negeri, yang diprakarsai oleh salah seorang pemuda Jakarta bernama Fanny Sam. “Kerak Lapangan Banteng merupakan tanggung jawab moral kami untuk melestarikan kearifan lokal Betawi disaat pemuda pemudi lain berbangga-banga dengan makanan luar negeri.” terang Fanny Sam, Owner Kerak Telor Lapangan Banteng saat diwawancarai tim Wartawisata.id.

Fanny Sam, Owner Kerak Telor Lapangan Banteng bersama pemuda lainnya yang peduli dengan karifan loka Betawi

Usaha Kerak Telor yang dijalani Fanny Sam adalah usaha turun temurun dari orang tuanya, penamaan Kerak Telor Lapangan Banteng adalah upaya rebranding dengan memanfaatkan nama Lapangan Banteng sebagai image lacation agar mudah diingat dan lebih kekinian mengikuti perkembangan anak milenial jaman sekarang.

“Usaha Kerak Telor, merupakan usaha turun temurun dari orang tua, Semenjak saya pegang, saya melakukan rebranding dengan menamakan Kerak Telor Lapangan Banteng, agar mudah diingat dengan mengangkat Lapangan Banteng sebagai Image Location dan mengikuti minat melenial.” Terang Fanny.

Selain melakukan rebranding dengan menamai usaha Kerak Telor warisan orang tuanya, Fanny Sam juga memanfaatkan Media Sosial untuk menjangkau pelanggan milenial.

Kerak Telor Lapangan Banteng juga telah ada beberapa cabang di jakarta bahkan juga sudah dijual di Mall-mall, selain itu Kerak Telor Lapangan banteng juga telah mengikuti beberapa event keluar Negeri, yang difasilitasi Dinas Pariwisata DKI Jakarta seperti ke Maroko, Turki, Thailand, Malaysia. “Kerak Telor Lapangan Banteng telah ikut event-event internasional melalui Dinas Pariwisata sampai keluar negeri seperti ke Maroko, Turki, Thailand, Malaysia. Pungkas Fanny Sam.

Wah, sangat menginsprasi khan?

Komentar kamu?