Mengulik Kuliner Khas Kabupaten Pinrang

Pinrang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, Pinrang adalah kota kecil yang memiliki banyak cerita,mulai dari tradisi,makanan,wisata alamnya,dan orang-orangnya.

278 views
0

WartaWisata.ID – Pinrang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, Pinrang adalah kota kecil yang memiliki banyak cerita,mulai dari tradisi,makanan,wisata alamnya,dan orang-orangnya.

Berikut ini adalah makanan khas yang terdapat di Pinrang

Kue Burongko

Kue burongko merupakan salah satu makanan khas dari Pinrang. Kue ini biasanya dibuat pada saat acara pernikahan, aqikah, dan acara penting lainnya. Tapi kue ini biasa juga dibuat dan dijual, harga kue ini biasanya 2000 satu bungkus. Bahan kue ini adalah pisang, santan, telur, gula pasir, dan daun pisang. Kue burongko adalah kue yang manis dan paling enak dimana pada saat dingin.

Karasa

Karasa adalah salah satu makanan khas pinrang. Panganan ini terbuat dari tepung beras dan gula aren. Meski untuk membuat Karasa diperlukan keterampilan dan kesabaran khusus namun masih banyak juga warga yang tetap memproduksinya. Panganan ini selalu ada di setiap acara-acara khusus/acara adat di Kabupaten Pinrang seperti acara sesrahan. dan dijual 10.000 perbungkus.

Beppa Cella atau Cucuru Te’ne

Kue tradisional yang satu ini dikenal dengan nama cucuru tekne yang bahan utamanya terbuat dari tepung beras dan gula merah. Keu ini memilki khas rasa manis gula merah, renyah dan enak. Bentuknya yang khas lonjong dan sedikit mengkerucut diujungnya menjadikanya lebih unik.

Nasu Pelekko

Makan ini merupakan makanan khas pinrang yang bedah dari yang lain. Palekko memiliki cita rasa yang pedas. Pelekko merupakan makan favorit masyarakat pinrang apalagi pada saat lebaran tiba. Nasu palekko asli pinrang biasanya menggunakan bebek atau itik. Tapi apabila tidak ada itik bisa menggunakan ayam. Bahan-bahan membuat nasu palekko adalah itik atau ayan, bawang merah dan putih, cabe merah kecil, dan asam.

Komentar kamu?