Mengenal Sejarah Kota Bontang

Kota Bontang memiliki potensi sumber daya alam berupa laut yang sangat memesona. Potensi sumber daya alam yang sangat melimpah di kota ini adalah rumput laut, perikanan dan perkebunan serta gas alam.

95 views
0

WartaWisata.ID – Kota Bontang memiliki ragam versi sejarah, salah satunya asal muasal kata “Bontang” berasal dari; “bon” yang artinya mengambil barang terlebih dahulu lalu membayar nanti. Sedangkan, “tang” memiliki arti hutang. Hal tersebut dikarenakan masyarakat yang bertempat tinggal di muara Sungai Api-Api dahulu tidak mampu membayar hutang pedagang Cina yang telah memberikan kelonggaran. Sehingga muncul istilah Kota Bontang.

Selain itu, terdapat kisah lain yang menjadi asal muasal kata “bontang”. Hal itu dimulai ketika masyarakat pesisir pantai dahulu gemar berdiam dan mendirikan rumah panggung. Kebanyakan masyarakat tersebut berprofesi sebagai nelayan, petani, pedagang dan lain sebagainya.

Banyak etnis dari masyarakat tersebut berasal dari berbagai suku seperti Melayu, Arab, Banjar, dan lain sebagainya. Nama bontang muncul ketika seorang jutawan Kutai Aji Pao menamainya dengan dua kata yang disatukan, yaitu bond yang artinya perkumpulan dan tang artinya pendatang.

Sumber Daya Alam Bontang

Kota Bontang memiliki potensi sumber daya alam berupa laut yang sangat memesona sekaligus menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar. Potensi sumber daya alam yang sangat melimpah di kota ini adalah rumput laut, perikanan dan perkebunan serta gas alam.

Kota Bontang juga memiliki wisata yang patut dikunjungi, karena memiliki laut maupun pesona alam yang indah dan mengagumkan. Potensi wisata yang menjadi andalan Kota Bontang antara lain; Danau Pupuk Kaltim, Pantai Beras Basah, dan Teluk Kaba. Potensi wisata ini memberikan kontribusi pendapatan bagi daerah maupun warga setempat. Selain itu, wisatawan dimanjakan dengan beragam keindahan kuliner maupun wisata alam.

Komentar kamu?