Siap-siap, Ada Festival Seni Budaya di Papua Barat

Acara ini terhitung sudah enam kali dilaksanakan

73 views
0

WartaWisata.ID – Papua Barat berupaya mendatangkan wisatawan mancanegara lewat dua acara pariwisata unggulan. Sebagai wisata bahari kelas dunia, dua acara pariwisata unggulan dari Papua Barat yaitu Festival Seni Budaya Papua Barat dan Festival Pesona Bahari Raja Ampat masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia.

“Festival Seni Budaya Papua Barat tahun ini masuk dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia, sehingga Provinsi Papua Barat kini memiliki dua event pariwisata tingkat nasional,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Peluncuran Festival Seni Budaya Papua Barat dan Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (17/9/2019). Penyelenggaraan Festival Seni Budaya Papua Barat akan berlangsung di Manokwari pada 7-11 Oktober 2019.

Acara ini terhitung sudah enam kali dilaksanakan. Tahun ini Festival Seni Budaya akan diisi berbagai lomba tari kreasi baru, lomba musik tradisional, lomba folksong, body painting,dan lomba tari pergaulan yosim pancar. Ada juga lomba kuliner khas Papua Barat, pameran benda- benda budaya (hasil kerajinan tangan khas Papua Barat). Sementara itu penyelenggaraan Festival Pesona Bahari Raja Ampat akan berlangsung di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat dari 18-22 Oktober 2019.

Dengan mengangkat tema ‘Exotic Raja Ampat, From Ridge to Reef’ akan menampilkan berbagai kegiatan, antara lain Wild Life (mengenal lebih dekat flora dan fauna Raja Ampat), Water Activities (snorkling, diving), Island Hopping (mengunjungi pulau Piyainemo dan Kepulauan Fam), dan rangkaian acara pembukaan dan penutupan Festival Pesona Bahari Raja Ampat dengan menampilkan kesenian, budaya, produk ekonomi kreatif, dll.

Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani dalam acara yang sama mengatakan saat ini Papua Barat 100 persen kondusif dikunjungi wisatawan. Ia berharap dengan penyelenggaraan dua festival ini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan yang sempat menurun pasca kerusuhan Agustus lalu.

 

Komentar kamu?