Mengenal Budaya dan Wisata Alam Sumba Tengah

Masyarakat Sumba Tengah juga terkenal ramah dan santun kepada setiap wisatawan yang datang. Hal ini terlihat dari cara mereka menerima dan menyambut kalian.

85 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Sumba Tengah yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki potensi Pariwisata yang sangat menakjubkan. Hal ini terlihat dari budayanya yang unik serta alamnya yang indah.

Sumba Tengah memiliki ritual-ritual budaya yang sakral seperti Purung Ta Kadonga Ratu, Purung Ta Liang Marapu, Pawolung Manu dan Tauna Usu Manua.

Sementara itu, Keindahan alam yang terdapat disana antara lain Air terjun Matayangu, Pantai Aili dan Padang Savanna yang sangat luas.

Sumba Tengah juga memiliki perkampungan Adat yang masih terjaga asliannya seperti Kampung Deri Kambajawa, Kampung Laitarung, Kampung Galubakul dan kampung Gallu Langati. Pokoknya gak kecewa deh mampir ke Sumba Tengah.

Sumba Tengah juga merupakan tempat berkembang biaknya Kuda Sandalwood yang terkenal akan kekuatan dan kecepatannya. Ribuan ekor kuda akan kita jumpai di padang Savanna yang terbentang luas dari Lenang hingga Mamboro.

Masyarakat Sumba Tengah juga terkenal ramah dan santun kepada setiap wisatawan yang datang. Hal ini terlihat dari cara mereka menerima dan menyambut kalian.

Biasanya masyarakat Sumba Tengah akan memberikan sirih pinang kepada kalian sebagai simbol telah diterima dan masuk dalam keluarga mereka. Apabila beruntung, kalian juga akan diberikan kain asli Sumba Tengah sebagai simbol persaudaraan.

Di Sumba Tengah terdapat salah satu penginapan yang cukup representative. Namanya Wisma Solapora. Wisama Solapora berdekatan langsung dengan salah satu distinasi wisata kampung adat Laitarung dan Kampung Kabonduk. kalian hanya membutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki untuk tiba di destinasi wisata tersebut.

Komentar kamu?