Keindahan Danau Poso yang Tidak Kalah dengan Danau Toba

Danau Poso adalah danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba yang terletak di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

80 views
0

WartaWisata.ID – Jika kita membahas tentang danau yang ada di Indonesia, pasti banyak orang Danau Toba di Sumatra Utara menjadi salah satu danau yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia. Selain menjadi danau terbesar dan terluas di Indonesia, danau ini juga memiliki cerita yang sudah merekat di masyarakat Indonesia.

Tapi, di provinsi Sulawesi Tengah terdapat sebuah danau yang tak kalah cantik dari Danau Toba? Ya, Danau Poso yang terletak di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ini menyimpan kecantikan yang tak kalah jika dibandingkan dengan danau-danau lain yang ada di Indonesia.

Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatra Utara dan Danau Singkarak di Sumatra Barat. Danau ini terkenal dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan. Danau ini memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km.

Pertama kali melihatnya, Danau Poso memiliki bentangan air besar itu adalah laut. Sebab, air di danau tersebut berwarna biru laut di bagian tengah dan hijau ketika sudah sampai pesisirnya.

Berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut, danau dengan luas seluas 32.000 Ha membentang luas dari utara ke selatan Kabupaten Poso dan mempunyai kedalaman mencapai 510 meter. Keindahan Danau Poso dilengkapi dengan tanaman cengkeh di sekitarnya.

Komentar kamu?