Air Terjun Tertinggi dan Hiu Paus yang Jinak di Nabire

Nabire, ternyata menyimpan jutaan pesona yang mungkin belum kita ketahui atau kunjungi. Sebut saja habitat Hiu Paus di Teluk Cenderawasih, hingga air terjun tertinggi di tanah Papua. Semuanya ada di Kota Nabire.

159 views
0

WartaWisata.ID – Nampaknya, wisata bagian Timur tidak ada habisnya untuk kita bahas. Di sana terdapat ragam wisata bahari yang sangat memanjakan mata dan pikiran kita. Kalau bisa bicara Indonesia Timur tidak melulu soal Raja Ampat di Papua Barat, tapi di Papua sendiri juga menyimpan jutaan keindahan yang mungkin belum kita temui. Salah satunya ada di Nabire, Papua.

Bisa dibilang, Nabire punya letak yang sangat strategis di Pulau Papua, karena berada di punggung pulau. Nabire yang sering dijuluki ‘The City of Orange’ ini tak hanya dikenal sebagai tempat penghasil kopi saja, namun juga kekayaan alamnya yang luar biasa.

Lantas, apa saja yang bisa kalian temui di Nabire?

Hiu Paus

Ingin berenang di laut lepas bersama hiu paus dan hiu totol? Datang saja ke Teluk Cendrawasih, yang masih masuk area Kabupaten Nabire ini. Di sini, kita akan merasakan sensasi yang tidak akan dijumpai di objek wisata lain, yaitu melihat langsung ikan hiu yang bobotnya bisa mencapai 6 ton, bahkan bisa saja kawanan hiu tersebut menemani kita berenang di lautan.

Hiu Paus ini biasanya berkeliaran di perairan Kwatisore, di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Binatang-binatang laut tersebut terkesan begitu akrab dengan nelayan dan wisatawan, karena kehidupan mereka selama ini memang dilindungi, sehingga kehadiran manusia dekat mereka, tidak membuat ikan-ikan tersebut merasa takut.

Pantai-Pantai Indah

Jelas, pantai akan menjadi unggulan di Indonesia, tak terkecuali di Nabire. Di kota ini kita bisa menemukan banyak pantai indah yang harus kita kunjungi. Sebut saja; Pantai Gedo, Pantai Ahe, Pantai Nomalisa, Pantai Burate, Pantai Maf, hingga Pantai Musi. Semuanya menyuguhkan keindahan dan kenyamanan yang luar biasa, dan tak kalah dari pantai-pantai lain di Indonesia.

Air Terjun

Ini juga menjadi salah satu keunikan wisata di Nabire, Papua. Bisa dibilang, air terjun ini letaknya masih tersembunyi dan jarang diketahui wisatawan, yaitu air terjun Bihewa. Ada yang menyebut air terjun Bihewa jadi yang tertinggi di Tanah Papua. Bihewa punya tinggi sekitar 40 meter dan memiliki 7 tingkatan.

Namun, karena lokasinya yang tersembunyi, perjalanan menuju ke air terjun Biweha terbilang cukup berat dan sulit, terutama jika Sobat Pesona belum banyak pengalaman trekking. Namun, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan hutan yang begitu indah dan asri. Ketika tiba pun, kesejukan akan menyambut kita.

 

Komentar kamu?