Pesona Tanjung Balai

Ditambah lagi dengan panorama alamnya yang mempesona, membuat kota yang berada di tepi Sungai Asahan ini menjadi tempat yang pas untuk memanjakan diri.

845 views
0

WartaWisata.ID – Lima kali dinobatkan sebagai “Kota Terbersih se-Indonesia” dan mendapat Anugerah “Adipura” menjadi modal tersendiri bagi Tanjungbalai untuk mendatangkan wisatawan.

Ditambah lagi dengan panorama alamnya yang mempesona, membuat kota yang berada di tepi Sungai Asahan ini menjadi tempat yang pas untuk memanjakan diri. Mari kita mengenal pesona Tanjung Balai ini lebih dekat.

Jembatan Tabayang

Berdiri kokoh di atas Sungai Asahan, jembatan sepanjang 600 meter yang dibangun pada tahun 2008 ini menjadi destinasi yang menarik karena dari atas jembatan kita dapat menikmati aliran Sungai Asahan serta hijaunya pepohonan yang ada di sepanjang pinggiran sungai.

Tidak hanya pagi hingga sore hari, pada malam haripun tempat ini ramai dikunjungi, utamanya oleh anak-anak muda, karena sorot lampu yang terpasang di beberapa bagian tubuh jembatan menciptakan suasana yang romantis.

Masjid Raya Sultan Ahmadsyah

Berdiri di atas lahan seluas 10.000 meter2 dengan bangunan seluas 1000 meter2, Masjid Raya Sultan Ahmadsyah merupakan landmark bersejarah karena dibangun pada tahun 1886. Masjid warisan Kesultanan Asahan ini terletak di JL. Masjid, Kelurahan Indra Sakti, Kecamatan Tanjung Balai Selatan.

Masjid ini menjadi saksi bisu perjalanan Kesultanan Ahmadsyah sejak berdiri hingga terejadinya kerusuhan sosial pada bulan Maret tahun 1946 yang menghancurkan seluruh kesultanan yang ada di wilayah Sumatera termasuk Kesultanan Asahan. Dalam kerusuhan tersebut 73 orang dari keluarga istana tewas dan dikuburkan di halaman masjid ini.

Komentar kamu?