Mengenal Lebih Dekat Kota Patria (Blitar)

Kota blitar merupakan kota dimana proklamator Indonesia pernah tinggal dan dibesarkan beliau adalah presiden pertama republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

88 views
0

WartaWisata.ID – Blitar merupakan sebuah daerah yang ada di bagian selatan provinsi Jawa Timur Indonesia. Blitar merupakan daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi dan budaya. Setiap bulan april di kota inilah terdapat sebuah acara yang dinamakan dengan Blitar Tempo Dolou yaitu sebuah even yang diselenggarakan di kota blitar yang menampilkan sebuah pameran yang didalamnya berisi barang-barang dan makanan khas pada era jaman dulu. Didalam pameran ini kita bisa mendapatkan barang maupun makanan yang di era sekarang jarang sekali kita temui.

Event ini sangat dinanti-nanti oleh warga Blitar. Yang dimana Didalam even ini setiap penjual yang ada didalamnya (pameran) juga mengenakan kostum/pakaian khas jaman dulu tidak hanya itu juga suasana di pameran ini didesain seperti suasana pada era zaman dulu. Event ini sangatlah menarik dimana kita bisa merasakan bagaimana hidup di era dulu dengan suasana yang asri dan dengan makanan yang ada di zaman dulu yang diera sekarang tidak kita temui.

Kota blitar merupakan kota dimana proklamator Indonesia pernah tinggal dan dibesarkan beliau adalah presiden pertama republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Dikota ini juga sebagai tempat disemayamkannya ayah dan ibunda presiden pertama Indonesia. Dikota blitar ini juga presiden pertama Republik Indonesia disemayamkan.

Blitar juga merupakan kota dimana kota yang mempunyai masyarakat atau orang-orang yang ramah-ramah dan bertoleransi. Blitar merupakan daerah yang sangat nyaman dan damai. Blitar juga merupakan daerah yang mempunyai pariwisata yang menarik dan bersejarah. Yang dimana kita bisa mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia. wisata-wisata tersebut yaitu

Wisata makam bung karno

Wisata ini terletak di jalan Ir. Soekarno yang berada kurang lebih 3 kilometer dari stasiun kota blitar. Tempat ini merupakan tempat disemayamkannya tokoh proklamator Rebublik Indonesia dan presiden pertama republik Indonesia yaitu Bapak Ir. Soekarno. Didalam komplek makam bung karno ini juga terdapat makam dari ayahanda dan ibunda dari presiden perta kita Ir. Soekarno. Tidak hanya itu juga didalam komplek makam bung karno ini juga terdapat museum yang berisi barang-barang dan lukisan-lukisan yang dimilki oleh bung karno dan perpustakaan yang bertaraf internasional yang diresmikan oleh presiden kelima kita yaitu Megawati soekarno Putri pada tanggal 3 juli 2004.

Istana gebang atau dalem gebang

Istana gebang atau dalem gebang ini terletak di jalan Sultan Agung nomer 59 kelurahan sanan wetan yang terletak sekitar 2 kilometer dari stasiun kota blitar. Istana gebang ini merupakan rumah dari orang tua proklamator Indonesia dan presiden pertama kita Bapak Ir. Soekarno. Disini juga merupakan tempat dimana presiden pertama kita pernah tinggal dan dibesarkan.

Kebon rojo

Wisata ini terletak dijalan Diponegoro nomer 12. Kebon rojo ini dekat dengan rumah dinas wali kota blitar. Wisata ini merupaka paru-paru kota yang dimana didalamnya terdapat pohon-pohon langka. Wisata ini juga merupakan wisa yang banyak dikunjungi oleh para keluarga untuk bersantai. Ditempat ini terdapat area bermain anak, tempat olah raga panjat tembok dan terdapat hewan-hewan yang dilindungi.

Monument Peta

Berada di jalan Sudanco Supriadi sebelah selatan makam pahlawan kota blitar. Didirakannya monument peta ialah sebagai penghormatan atas jasa para pahlawan pemberontakan peta melawan tentara jepang yang dipimpin oleh seorang Sudanco Supriadi sehingga dengan harapan akan menumbuhkan semangat patriotic dikalangan generasi muda dan setiap tanggal 14 februari diperingati sebagai hari peta.

 

Komentar kamu?