Keindahan Taman Wisata Tirta Gangga

Taman ini dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektare, memanjang dari timur ke barat. Berada di Kaki Gunung Agung membuat Taman Wisata Tirta Gangga ini sangat asri dengan udara yang sejuk. Suasana khas Bali yang tenang bisa Sobat Pesona nikmati di sini.

81 views
0

WartaWisata.ID – Keindahan alam Bali memang tak perlu diragukan lagi. Namun, potensi wisata Bali terasa semakin berkesan karena gabungan antara alam dan budaya yang saling melengkapi. Salah satu tempat di mana Sobat Pesona bisa merasakan sinergi alam dan budaya di Bali adalah Taman Wisata Tirta Gangga.

Berlokasi di Karangasem, Taman Wisata Tirta Gangga dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung, pada 1948. Nama Tirta Gangga berasal dari kata “tirta” yang artinya suci dan “gangga” dari sebuah sungai di India yang dimuliakan umat Hindu.

Taman ini dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektare, memanjang dari timur ke barat. Berada di Kaki Gunung Agung membuat Taman Wisata Tirta Gangga ini sangat asri dengan udara yang sejuk. Suasana khas Bali yang tenang bisa kalian nikmati di sini.

Ketika masuk di gerbang pertama, kalian akan disambut oleh patung-patung yang berbaris. Di dekatnya ada kolam dan kita bisa berjalan di atas jalan setapak yang terbuat dari batu.

Di kolam tersebut terdapat sebuah menara air yang tingginya mencapai 10 meter. Bentuk menara ini berundak, mirip seperti pura. Ada 11 air mancur yang berada di sini bernama Nawa Sanga.

Air yang ada di Taman Wisata Tirta Gangga berasal dari sumber mata air Rejasa yang mengalir ke Amlapura. Air ini dianggap suci oleh masyarakat sekitar. Bahkan air di tempat ini sering digunakan untuk kegiatan upacara adat.

Ada sebuah kolam yang dikhususkan untuk wisatawan. Di kolam ini, kalian bisa berendam di dalam air yang jernih. Ada dua kolam yang disediakan, yaitu untuk anak-anak dan dewasa dengan kedalaman air yang berbeda.

Selain untuk relaksasi, Taman Wisata Tirta Gangga ini sangat cocok untuk kalian yang suka fotografi. Sejauh mata memandang, kalian akan melihat patung-patung, kolam dan taman yang membuat suasana semakin asri. Jadi, kalau berwisata ke Bali, jangan lupa mampir ke Taman Wisata Tirta Gangga, ya!

Komentar kamu?