Danau Baratan, Danau Terindah di Dunia

Danau Beratan merupakan salah satu objek wisata di Bali yang terkenal karena keunikannya. Di tempat ini kita dapat melihat Pura yang berada di tengah danau yang diberi nama Pura Ulun Danau Beratan. Danau Beratan pun dinobatkan sebagai salah satu danau terindah di dunia, loh!

93 views
0

WartaWisata.ID – Danau Beratan atau juga disebut Danu Bratan terletak di kawasan Bedugul, desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Kurang lebih 55 km dari kota Denpasar, Danau Bratan terletak di ketinggian 1.240 mdpl.

Danau Beratan mempunyai luas kira-kira 375,6 hektar dengan kedalaman antara 22-48 meter, dengan luas keliling kurang lebih 12 km. Danau Beratan adalah danau terluas dan terbesar kedua setelah danau Batur di Bali, yang berfungsi sangat penting sebagai sumber utama irigasi pada daerah yang berada di bagian tengah pulau Bali.

Danau Beratan adalah salah satu dari 20 danau terbaik dan terindah di dunia, loh. Danau Beratan sangat dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata terbaik yang dikunjungi ribuan wisatawan mancanegara maupun domestik.

Segarnya udara pegunungan dengan pemandangan danau, pura, dan gunung yang indah serta jauh dari kebisingan kota, membuat tempat ini menjadi tempat wisata favorit yang direkomendasikan untuk dikunjungi selama liburan di Pulau Dewata.  Tempat ini juga dikenal karena memiliki keunikan lainnya, yakni Pura yang berdiri di tepian danau.

Pura tersebut bernama Pura Ulun Danu yang terletak di bagian ujung dari Danau Beratan. Pura Ulun Danu Beratan dibangun sekitar awal dari abad ke-17, berfungsi untuk memuja kebesaran Tuhan untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia, dan untuk keseimbangan alam semesta.

Pura Ulun Danu Bratan memiliki pemandangan yang sangat indah di pagi hari, di saat Matahari terbit dan kabut menyelimuti bagian dari gunung. Bahkan pantulan bayangan dari Pura Ulun Danu terlihat sangat menakjubkan dari permukaan air Danau Beratan, sehingga momen ini sangat disukai oleh para turis dan para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan dari Pura Ulun Danu ini.

Menurut sejarah, Pura ini didirikan oleh pendiri kerajaan Mengwi bernama I Gusti Agung Putu. Selain itu Danau Beratan ini juga dijadikan sebagai tempat untuk satwa langka seperti Rusa dan Kijang. Kita dapat melihat satwa ini secara langsung, bahkan bermain bersama.

Di kawasan danau juga difasilitasi dengan akomodasi yang memadai seperti hotel, villa, restoran untuk kenyamanan pengunjung. Bagi wisatawan yang suka dengan wisata air, di kawasan Danau Beratan juga terdapat permainan air seperti parasailing, bermain kano ataupun jetski.

Komentar kamu?