Surga Alam Yang Mempesona di Oku Selatan

Topografi wilayah itulah yang menjadikan kabupaten yang beribu kota di Muara Dua ini memiliki panorama alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi sebagai objek wisata

205 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan merupakan salah satu daerah di Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten yang bertetangga langsung dengan Provinsi Lampung dan Bengkulu ini banyak menyimpan sejumlah objek wisata yang belum banyak diketahui masyarakat karena keterbatasan infomasi.

Padahal, sejumlah objek wisata di tempat ini tak kalah menawannya dengan objek wisata lainnya di Tanah Air. Hal itu didukung dengan topografi wilayahnya yang sebagian besar berupa dataran tinggi yang membentuk gunung-gunung dan bebukitan.

Topografi wilayah itulah yang menjadikan kabupaten yang beribu kota di Muara Dua ini memiliki panorama alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi sebagai objek wisata.

Berikut ini sejumlah destinasi wisata pilihan yang dapat dikunjungi saat berkunjung ke OKU Selatan.

Air Terjun Manduriang

terjun ini memiliki ketinggian 25 meter dengan tebing membentuk sebuah kerucut yang membuatnya sangat memesona. Selain itu, di bagian belakangnya terdapat sebuah gua, sehingga membuat lokasi wisata ini semakin eksotis.

Air terjun ini berada di Desa Manduriang, Kecamatan Ranau Tengah. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung cukup melakukan perjalanan sekitar 20 menit dari pusat kota. Biasanya, lokasi ini akan ramai dikunjungi wisatawan saat Untuk menikmati pemandangan yang indah di air terjun ini, wisatawan hanya dikenakan biaya masuk Rp 5 ribu.

Gunung Seminung

Menjadi salah satu lokasi favorit pendaki, Gunung Seminung memiliki ketinggian 1881 meter di atas permukaan laut. Meski dianggap tidak terlalu tinggi, gunung ini memiliki tingkat kemiringan hingga 90 derajat yang membuatnya menjadi tantangan tersendiri bagi pendaki.

Namun, saat berada di puncaknya keindahan alam yang disajikan akan membuat pengunjung lupa akan rasa letih saat mendaki. Hamparan alam yang indah berlatarkan Danau Ranau akan menjadi sajian tersendiri saat berada di puncak gunung ini. Tak hanya itu, biasanya puncak Seminung menjadi buruan pendaki untuk menikmati keindahan matahahi terbit atau sunrise.

Danau Ranau

Lokasi ini mungkin menjadi salah satu tempat favorit wisatawan saat berkunjung ke OKU Selatan. Di lokasi ini juga sudah berdiri sejumlah penginapan yang dipersiapkan bagi wisatawan. Selain itu, pemerintah setempat juga terus mendorong mempromosikan objek wisata yang satu ini.

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera, setelah Danau Toba di Sumatera Utara, bahkan di tengah danau ini juga terdapat sebuah pulau yang dinamai Pulau Marisa. Selain itu, dari Danau Toba juga terlihat jelas pemandangan Gunung Seminung yang dibalut dengan perkebunan kopi dan area persawahan. Pengunjung juga dapat mengelilingi danau menggunkan perahu dengan tarif sewa sekitar Rp 300 ribu.

Pulau Marisa

Terletak di tengah Danau Ranau, pulau ini hampir menyerupai Pulau Samosir di Danau Toba. Sejumlah fasilitas juga tersedia di pulau ini, seperti penginapan hingga cottage sehingga lebih memudahkan wisatwan saat berkunjung. Untuk sampai ke pulau ini, wisatawan dapat menyeberang menggunakan perahu nelayan yang berada di tepian Danau Ranau.

Ada yang unik di Pulau Marisa, yakni sumber air panas yang sering dimanfaatkan wisatawan yang datang untuk berendam, karena airnya mengandung sulfur yang dipercaya baik untuk kulit. Di lokasi tersebut juga sudah tersedia kamar mandi yang memudahkan wisatawan.

Komentar kamu?