Berenang Bareng Ikan Dewa di Pemandian Cibulan

Terkenal dengan keberadaan tujuh sumur keramat yang konon merupakan patilasan Prabu Siliwangi. Di sini kita bisa berenang bersama Ikan Kancra Bodas (Labeobarbus Dounersis) yang biasa disebut Ikan Dewa. Konon ikan-ikan ini merupakan jelamaan prajurit yang dikutuk karena membangkang perintah Prabu Siliwangi.

97 views
0

WartaWisata.ID – Ingin mencoba sesuatu yang baru? Cobalah datang ke Pemandian Cibulan di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Di sini kita bisa mencoba sensasi berenang  bersama Ikan Kancra Bodas (Labeobarbus Dounersis) atau lebih akrab dengan sebutan Ikan Dewa berukuran cukup besar. Konon ikan-ikan ini merupakan jelamaan prajurit yang dikutuk karena membangkang perintah Prabu Siliwangi. Hal unik lainnya adalah ikan-ikan tersebut tidak pernah berkurang atau bertambah jumlahnya.

Ketika kolam dikuras, ikan-ikan ini akan berenang menuju Kolam Cigugur. Setelah selesai, mereka akan kembali ke Pemandian Cibulan. Ikan-ikan ini sangat jinak dan bersahabat. Tidak sedikit pengunjung yang memberi makan, mengangkat ikan ke permukaan, atau bahkan berfoto dengan pose mencium ikan.  Kendati demikian, pengunjung tidak boleh membawa pulang ikan tersebut. Warga sekitar percaya, bahwa hal itu bisa mendatangkan hal buruk kepada mereka yang membawa pulang ikan.

Pemandian Cibulan dikelilingi oleh pohon rindang berukuran besar. Hawa dingin khas dataran tinggi, menjadikan objek wisata Pemandian Cibulan destinasi favorit yang ramai dikunjungi di hari libur dan akhir pekan. Bagi pengunjung yang tidak ingin berenang, disediakan aktivitas lain seperti terapi ikan, sepeda air, sepeda gantung, panahan, taman dengan jembatan cinta, serta pojok selfie.

Objek wisata Pemandian Cibulan juga terkenal dengan keberadaan tujuh sumur keramat yang konon merupakan patilasan Prabu Siliwangi, dan dipercaya mempunyai khasiat. Masing-masing sumur memiliki nama serta khasiat tersendiri yaitu Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Di sumur pertama dan ketujuh pengunjung bisa membasuh muka dan mandi, sedangkan sumur kedua, ketiga, keempat, kelima, dan keenam, pengunjung hanya bisa membasuh muka dan meminum air tersebut. Bagi yang suka melakukan terapi ikan, bisa melakukannya sambil tertawa geli dan menikmati makanan.

Tak perlu khawatir jika tidak membawa santap siang. Di sekitar Pemandian Cibulan banyak sekali penjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Buka mulai pukul 08.00 – 17.00 dengan harga tiket masuk Rp 17.000 – Rp 20.000 perorang.

Komentar kamu?