Pesona Way Kanan, Yang Di Juluki 1001 Negeri Air Terjun

Mendengar julukannya saja, siapapun akan membayangkan betapa indah dan mempesonanya Way Kanan. Padahal objek wisata yang ada di kabupaten ini tidak hanya air terjun, tapi juga berbagai objek wisata alam lainnya yang tidak kalah indah dan menarik.

69 views
0

WartaWisata.ID – “Negeri 1001 Air Terjun” begitulah julukan yang diberikan untuk kabupaten yang beribukota di Blambangan Umpu ini. Mendengar julukannya saja, siapapun akan membayangkan betapa indah dan mempesonanya Way Kanan. Padahal objek wisata yang ada di kabupaten ini tidak hanya air terjun, tapi juga berbagai objek wisata alam lainnya yang tidak kalah indah dan menarik.

Berikut beberapa rangkuman air terjun yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Air Terjun Putri Malu

Dengan ketinggian sekitar 80 meter, menempatkan Air Terjun Putri Malu sebagai salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Lampung. Terletak di tengah kawasan hutan Register 24, Kecamatan Banjit, membuat objek wisata ini relatif jarang didatangi wisatawan, sehingga suasana sekeliling masih terkesan alami.

Soal keindahannya tidak perlu diragukan. Dengan dikelilingi tebing-tebing berbatu yang tinggi serta hijaunya pepohonan, jernihnya air yang tercurah dari atas menciptakan pemandangan yang membuat siapapun akan betah untuk berlama-lama.

Air Terjun Curup Gangsa

Panorama yang luar biasa indah disuguhkan Air Terjun atau Curup Gangsa lewat perpaduan jatuhnya air selebar 20 meter dari atas ketinggian 50 meter yang berpadu dengan hijaunya pepohonan di sekeliling. Keindahan tersebut masih ditamnbah dengan keberadaan batu-batu besar di sekitar lokasi air terjun.

Curup Gangsa sumbernya berasal dari patahan air Sungai Way Way Tangkas yang terletak di Bukit Punggur yang mengaliri sebagian desa di Kecamatan Kasui, seperti Desa Tanjung Kurung dan Desa lebak Peniangan.

Curup Anggal

Pemburu spot-spot cantik untuk menghiasi latar belakang foto, disarankan untuk berkunjung ke Curug Anggal karena bentuk air terjun yang satu ini tidak hanya indah, tapi juga unik dan menarik. Jika umumnya air terjun berbentuk memanjang, Curug Anggal justru memiliki bentuk yang melebar, sehingga air yang tercurah dari atas ketinggian menyerupai tirai.

Sebagaimana umumnya objek wisata air terjun, untuk menuju lokasi Curug Anggal butuh perjuangan yang tidak ringan. Berlokasi di Dusun 8 Talang Kisam, Kecamatan Gunung Labuhan, pengunjung yang melewati jalan Lintas Sumatera (dari arah Bandar Lampung) dapat membawa kendaraannya ke arah kiri. Setelah melewati rest area perbatasan kabupaten teruskan laju kendaraan sejauh 2 km hingga tiba di Dusun 8 Talang Kisam. Perjalanan selanjutnya harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 2 km sebelum akhirnya tiba di lokasi air terjun.

Curup Semarang Baradatu

Dengan debit air yang tidak terlalu besar dan curahan air yang harus melewati tebing-tebing batu bertingkat-tingkat sebelum akhirnya sampai di bawah, membuat Curup Semarang Baradatu terlihat megah, indah sekaligus instagenik. Curug yang juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Kartika serta Air Terjun Kayu Agung ini, terletak di Desa Bhakti Negara, Kecamatan Baradatu.

Komentar kamu?