Pesona Cakat Raya, di Tulang Bawang

Untuk menuju kesini, jika berangkat dari Bandar Lampung maka dapat menggunakan armada bus atau kendaraan pribadi. Melewati Natar, Gunung Sugih, Bandar Jaya kemudian mengarah ke daerah Tulang Bawang Barat hingga bertemu dengan kota Menggala.

50 views
0

WartaWisata.ID – Pada tahun 2008 dibangun kawasan Wisata Cakat Raya yang didalamnya terdapat bangunan dari berbagai suku di Tulang Bawang. Tempat ini dibangun sebagai penghargaan atas keberagaman yang ada di Tulang Bawang.

Sebagai kawasan yang banyak didatangi oleh transmigran dari banyak suku selain Suku asli Lampung Pepadun juga ada suku transmigran di daerah ini yaitu seperti Suku Minangkabau, Jawa, Sunda, Batak, Bali sampai dengan Tionghua yang hidup secara berdampingan di Tulang Bawang. Tempat wisata Cakat Raya terletak di Jalan Lintas Sumatera, Menggala Timur, Menggala. Masih masuk dalam Kabupaten Tulang Bawang. Lokasi Cakat Raya Lampung ini tidak jauh dari jalan lintas sumatera, hanya sekitar 500 meter saja.

Untuk menuju kesini, jika berangkat dari Bandar Lampung maka dapat menggunakan armada bus atau kendaraan pribadi. Melewati Natar, Gunung Sugih, Bandar Jaya kemudian mengarah ke daerah Tulang Bawang Barat hingga bertemu dengan kota Menggala. Namun untuk yang melalui jalur lintas Sumatera maka sangat dekat dengan lokasi dari Cakat Raya. Tentu saja mudah dicari. Untuk kalian yang bingung dapat melihat maps dibawah ini sebagai panduan GPS ketika mengemudi.

Ketika kalian berkunjung kesana, maka di area yang memiliki luas 3,5 hektar akan melihat bangunan-bangunan rumah adat yaitu seperti rumah Adat Batak Toba, Rumah Joglo (Jawa) dan rumah adat Minang (Sumatera Barat). Disana juga kalian dapat melihat sebuah miniatur dari Candi Prambanan yang posisinya menghadap ke Way Tulang Bawang. Dengan pemandangan tersebut akan sangat indah untuk diabadikan dengan kamera atau sekedar menikmatinya. Sangat instagramable untuk kalian yang hobi selfie dan mengoleksi tempat-tempat untuk dijadikan album foto di sosial media.

Di Cakat Raya kalian dapat melakukan foto-foto atau melakukan foto hunting bersama pasangan atau keluarga. Selain itu dapat menikmati pemandangan di sekitar komplek yang tak kalah menarik. Selain itu dari tempat ini kalian dapat melihat Jembatan Cakat dan Sungai Tulang Bawang secara jelas. Untuk kalian yang ingin membeli oleh-oleh ikan asap, tidak jauh dari tempat ini atau sekitar 3 kilometer akan ditemukan pedagang ikan asap yang sudah lama berjualan disana.

Tempat representatif dan edukatif ini sangat indah untuk dijadikan destinasi wisata liburan kalian dan keluarga seolah sedang berkunjung ke Taman Mini namun dalam tempat berbeda. Hanya saja tidak selengkap dengan Taman Mini Indonesia Indah.

Banyak wisatawan yang berkunjung kesana bukan saja dari Lampung namun dari wisatawan daerah lain yang mampir atau sedang melintasinya. Mereka biasanya ingin berfoto dengan latar belakang bangunan rumah adat yang kece. Selain menikmati pemandangan rumah adat, jika kalian kelelahan maka dapat menggelar tikar atau duduk-duduk di hamparan rumput yang hijau.

Untuk yang berkunjung kesana, maka tidak perlu khawatir membayar tiket masuk. Karena tempat ini belum dikelola dengan optimal sehingga tidak dipungut biaya, cukup langsung masuk saja.

Komentar kamu?