Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum ke Aceh Barat Daya

Aceh Barat Daya salah satu Kabupaten yang memiliki objek wisata yang tak kalah menarik dari daerah – daerah lain yang ada di belahan nusantara dari Sabang sampai Meurauke.

1,170 views
0

WartaWisata.ID – Aceh Barat Daya Kabupaten yang disingkat Abdya ini merupakan salah satu Kabupaten yang berdiri dari hasil pemekaran dari Aceh Selatan pada tahun 2002 silam. Kabupaten yang terdiri dari 9 Kecamatan ini memiliki sejuta daya tarik yang patut untuk diketahui, baik dari segi wisata maupun dari segi sejarah.

Aceh Barat Daya salah satu Kabupaten yang memiliki objek wisata yang tak kalah menarik dari daerah – daerah lain yang ada di belahan nusantara dari Sabang sampai Meurauke. Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh ini salah satu wilayah yang nyaman bagi pendatang.

Ada baiknya bagi yang ingin berlibur atau sekedar ingin mengenal wisata yang ada di Aceh Barat Daya, beberapa fakta yang harus diketahui sebelum berkunjung kesana :

Kota Dagang

Sejak zaman dulu Blangpidie salah satu ibukota Aceh Barat Daya merupakan salah satu kawasan pusat Perdagangan terbesar tempo dulu, terbukti sampai saat ini pun Blangpidie bermetamorposis menjadi kawasan yang dengan julukan ikon dagang.

Jika pada saat menjelang lebaran, Kota ini dipenuhi ratusan manusia yang berlalu lalang membeli kebutuhan saat lebaran. Bagi para pendatang, alangkah baiknya jika ingin membeli pernak pernik sebagai buah tangan, datanglah ke Blangpidie.

Negeri Breuh Sigupai

Wajar Aceh Barat Daya mendapat julukan sebagai Nanggroe Breuh Sigupai, bagaimana tidak, Sejenak memasuki kawasan Abdya dimana kita akan dimanjakan hamparan sawah yang luas. Selain dikenal sebagai pusat perdagangan di daerah Barat Selatan Provinsi Aceh, Aceh Barat Daya begitu identik dengan sawah. Sangat mudah menemukan sawah di sini. Beras merupakan salah satu komoditas yang paling utama di Aceh Barat Daya. Sampai-sampainya Kabupaten ini dikenal dengan sebutan Nanggroe Breuh Sigupai yang artinya “Negeri Beras Segenggam”, yang mana Breuh Sigupai merupakan nama jenis beras yang berasal dari Aceh Barat Daya.

Kota Sejarah yang Mulai Hilang di Kuala Batee

Kuala Batee salah satu Kecamatan yang memiliki sejarah kelam di sebagian wilayah di Aceh Barat Daya, berjarak sekitar 10 Km dari ibukota Abdya, Kuala Batee menyimpan banyak jejak- jejak sejarah, tapi sayangnya, Jejak – Jejak itu lama- lama menghilang akibat ulah manusia yang tak bertanggung jawab, Peninggalan sejarah bekas Kerajaan Kuala Batee yang sekarang berada di Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya, diduga telah banyak yang hilang, di antaranya adalah sejumlah meriam peninggalan masa penjajahan, termasuk sepucuk meriam emas. Salah satu peninggalan yang masih tersisa adalah monumen Kerajaan Kuala Batee yang masih bisa ditemui di Desa Lama Muda Kecamatan Kuala Batee.

Komentar kamu?