4 Tempat Wisata yang Hits di Pagaralam

Kota Pagaralam sendiri berjarak sekitar 298 kilometer dari Kota Palembang. Untuk menuju ke daerah ini, Wisatawan dapat menggunakan beberapa alternative transportasi dari Palembang. Jalur darat dapat menggunakan bus umum tarifnya sekitar Rp 40 ribu, sementara jika memilih travel membutuhkan biaya sekitar Rp 80 ribu. Waktu perjalanan sekiar 6-7 jam.

50 views
0

WartaWisata.ID – Kota Pagaralam merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Kota ini sering juga disebut sebagai puncaknya Sumsel, karena kota ini berada di daerah perbukitan dengan ketinggian 400–3.000 meter lebih diatas permukaan laut (dpl). Titik tertinggi berada di puncak Gunung Dempo dengan ketinggian 3.173 mdpl.

Selain itu, Pagaralam juga dikelilingi sejumlah gunung dan bukit lainnya. Seperti Gunung Patah (2.817 mdpl), Bukit Raje Mendare, Candi, Ambung Beras, Teungku Tige, dan Bukit Lentur. Tak heran jika sedang berada di tempat ini wisatwan akan disambut dengan udara yang sejuk khas daerah pegunungan.

Kota Pagaralam sendiri berjarak sekitar 298 kilometer dari Kota Palembang. Untuk menuju ke daerah ini, Wisatawan dapat menggunakan beberapa alternative transportasi dari Palembang. Jalur darat dapat menggunakan bus umum tarifnya sekitar Rp 40 ribu, sementara jika memilih travel membutuhkan biaya sekitar Rp 80 ribu. Waktu perjalanan sekiar 6-7 jam.

Jika tak ingin menghabiskan waktu di jalan, wisatawan kini juga memilih transportasi udara dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju Bandara Atung Bungsu, tarifnya sekitar Rp 500 ribuan.

Saat ini, pemerintah daerah setempat pun terus berbenah memperbaiki sejumlah fasilitas untuk mendukung pariwisata di Pagaralam. Sejumlah tempat-tempat yang hits pun mulai bermunculan.

Dempo Park

Berada di kawasan kaki Gunung Dempo, hamparan perkebunan teh dari ketinggian yang asri akan menjadi lansekap utama di tempat ini. Untuk mencapai lokasi, wisatawan hanya membutuhkan waktu 15-20 menit dari pusat Kota Pagaralam.

Tiket masuknya sendiri cukup murah, sekitar Rp 3 ribu, jika wisatawan membawa kendaraan, maka akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir. Tempaat ini menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Pagaralam,Apalagi, di tempat ini wisatwan akan mendapatkan sejumlah pilihan spot foto yang tentunya instagramable.

Selain dari, hamparan kebun teh, di sekitar lokasi juga terdapat sejumlah air terjun yang tentunya saying untuk dilewatkan.

Green Paradise

Berlokasi di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara, tempat ini memiliki pesona alam yang sangat berbeda dengan objek wisata lain yang ada di kota Pagaralam.

Cukup membayar tiket masuk Rp 5 ribu per orang, kamu sudah bisa menikmati pemandangan berserta aktivitas wisata sepuasnya. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam yang masih alami dengan sejumlah kolam dari mata air dan dihiasi dengan sejumlah tanaman air nan hijau.

Air Terjun Curup Maung

Air terjun ini berada di daerah Dempo Selatan, tempatnya dekat dengan Bandara Atung Bungsu. Air terjun ini nampak indah karena bentuknya yang bertingkat-tingkat dan ditumbuhi sejumlah pepohonan.

Untuk mencapai lokasi, memang dibutuhkn waktu lebih dari 3 jam perjalanan dari pusat Kota Pagaralam. Akan tetapi, perjalanan tersebut akan terbayar lunas dengan pemandangan alam yang masih alami di lokasi air terjun ini. Untuk masuk ke lokasi wisatawan akan dikenaakan tarif Rp 5 ribu.

Kebun Teh Lereng Dempo

Layaknya daerah pegunungan lain di Indoensia, Pagaralam juga memiliki hamparan kebun teh seluas 1.328 hektar. Udara yang sejuk dengan hijaunya pepohonan the akan menjadi daya tarik bagi wisatawan di tempat ini. Selain itu, wisatawan juga bisa meningap, sebab banyak penginapan yang tersedia untuk wisatawan yang ingin menginap dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 300 ribuan per malam.

Kemudian, di kawasan ini juga ditemui penjual oleh-oleh khas Pagaralam, seperti kopi, teh, hingga figura senjata kudok. Mengunjungi kebun the di tempat ini merupakan salah satu aktivitas liburan yang menyenangkan bersama keluarga.

Komentar kamu?