Bunga Matahari di Taman Sains Solok

Solok memang dikenal sebagai daerah pertanian yang baik di Sumatera. Hal ini dikarenakan letak Solok yang berada di perbukitan yang diapit beberapa gunung.

59 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Solok, Padang, Sumatera Barat memang menjadi salah satu daerah yang terkenal dengan hasil pertaniannya. Bahkan kota ini juga mendapat julukan sebagai Kota Beras. Namun, ternyata bukan hanya sebagai penghasil beras terbaik di Sumatera Barat, tapi Solok juga memiliki sebuah perkebunan yang cukup indah, Taman Sains Pertanian.

Sebenarnya ini bukanlah taman seperti pada umumnya, tapi lebih kepada taman untuk penelitian beberapa bibit-bibit pertanian, yang dibangun oleh Kementerian Pertanian Rebuplik Indonesia. Taman Sains Pertanian punya letak yang cukup strategis dan mudah dijangkau. Berada di jalur lintas Sumatera, tepatnya di tepi jalan raya Sukarami-Padang.

Solok memang dikenal sebagai daerah pertanian yang baik di Sumatera. Hal ini dikarenakan letak Solok yang berada di perbukitan yang diapit beberapa gunung. Seperti Gunung Marapi, Gunung Sago, dan Gunung Talang. Udara di Solok pun cukup sejuk, dan menjadi lahan pertanian yang sangat baik.

Saat baru tiba di Taman Sains Pertanian kita akan langsung disambut pemandangan yang cukup indah, dengan background Gunung Talang. Ada beberapa bibit tanaman yang tumbuh di sini. Seperti bawang merah, umbi-umbian, hingga bunga matahari. Pengembangan bibit bawang merah di Taman Sains Pertanian memakai metode True Seed of Shallot (TSS), dengan dua varietas Bima Brebes dan Trisula, dengan sistem Proliga (Program Lipat Ganda).

Hal tersebut membuat hasil panen bawang merah di Taman Sains Pertanian bisa tiga kali lipat lebih banyak daripada biasanya. Metode ini juga bisa menghemat bibit bawang merah. Namun sayang, saat Pesona Travel mengunjung Taman Sains Pertanian sedang dalam masa pasca-panen. Sehingga tidak bisa melihat tanaman bawang merah dan bunga matahari yang sedang bermekaran.

Yup, kebun bunga matahari memang menjadi daya tarik utama dari Taman Sains Pertanian Solok ini. Luas kebun bunga mataharinya mencapai 100 meter persegi. Biasanya bunga matahari ini bisa tumbuh setinggi 70 cm. Jika ingin melihat keindahan dari bunga matahari di sini sebaiknya datang pada awal tahun. Saat bunganya sedang bermekaran dengan indah, kita bisa jadikan objek foto juga.

O, iya, untuk masuk area Taman Sains Pertanian tidak dipungut biaya. Namun, kita harus meminta izin untuk bisa masuk. Pasalnya, area ini sebenarnya sebagai area penelitian bibit-bibit unggul dari Sumatera dan sekitarnya. Selain itu, area parkir di dalamnya juga tidak terlalu luas. Jadi harus lebih tertib lagi.

Komentar kamu?