Air Terjun Lumoli, Wisata Seram Bagian Barat yang Wajib di Kunjungi

Air Terjun Lumoli adalah salah satu wisata andalan Seram Bagian Barat, Maluku

926 views
0

WartaWisata.ID – Berbicara keindahan Maluku memang tak akan pernah habisnya. Kita akan selalu dibuat takjub dengan berbagai keindahan yang ada di Timur Indonesia ini. Maluku tak hanya kaya akan wisata budaya, laut atau pantainya saja namun juga memiliki banyak wisata lainya yang tak kalah menariknya seperti air terjun.

Salah satu air terjun yang sangat terkenal di Maluku adalah Air terjun Lumoli. Air terjun Lumoli merupakan sebuah air terjun cantik yang berada di desa Lumoli, sekitar 10 kilometer dari pusat kota Piru ibukota kabupaten Seram Bagian Barat Maluku. Air terjun Lumoli Sendiri masih sangat alami karena berada didalam hutan rimba yang masih sangat asri. Tak heran bila akses menuju Air terjun Lumoli masih belum bagus dan belum terkelola dengan baik.

Setelah tiba di lokasi kita akan disuguhi pemandangan air terjun yang tidak biasa. Tidak sebagaimana lasimnya air terjun yang memperlihatkan adegan jatuhnya limpahan air dari ketinggian puluhan meter dan menghujam area di bawahnya, air terjun ini justru memberikan keunikannya tersendiri. Unik karena air terjun ini terdiri dari beberapa air terjun kecil dengan ketinggian variatif 5 sampai 10 meter dengan posisi berjejer dari atas ke bawah di sepanjang aliran sungai sehingga terlihat bertingkat.

Total ada 5 air terjun yang letaknya berurutan dari atas ke bawah dan oleh masyarakat sekitar dibagi menjadi dua bagian yang mereka sebut “air terjun laki-laki” di bagian atas dan “air terjun perempuan” di bawah. Dengan airnya yang sejuk dan bening serta diapit oleh dua punggung bukit yang rindang dengan pepohonan disamping kiri dan kanannya akan membuat anda ingin cepat-cepat menceburkan diri dan berenang disana. Tak perlu khawatir untuk anda yang tak bisa berenang karena selain arus air yang tidak terlalu deras, sungainya pun tidak terlalu dalam.

Komentar kamu?