4 Air Terjun Menawan di Empat Lawang

Disamping itu pesona alam yang dimiliki kabupaten ini juga memiliki daya jual. Sehingga tidak salah jika Empat Lawang mulai mengembangkan sektor pariwisata.

55 views
0

WartaWisata.ID – Empat Lawang merupakan kabupaten di Sumatera Selatan yang baru terbentuk pada tahun 2017 hasil pemekaran dari kabupaten Lahat. Namun demikian, Tebing Tinggi yang menjadi ibukota dari kabupaten ini, pada masa pemerintahan Hindia Belanda (1870 – 1900) merupakan kota administratif (onderafdeeling) yang memegang peranan penting utamanya sebagai lalu lintas ekonomi.

Sebagai kota tua, Tebing Tinggi dan kecamatan-kecamatan yang ada di sekitarnya tentu memiliki situs-situs bersejarah yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata.  Disamping itu pesona alam yang dimiliki kabupaten ini juga memiliki daya jual. Sehingga tidak salah jika Empat Lawang mulai mengembangkan sektor pariwisata.

Diantara objek-objek wisata yang ada, inilah 4 air terjun di Empat Lawang yang menggoda dan merebut hati kalian pecinta curug atau air terjun.

Air Terjun Tujuh Panggung

Disebut Air Terjun Tujuh Panggung karena objek wisata yang berada di atas deretean Bukit Barisan dengan ketinggian 1.200 meter dpl ini memang terdiri atas 7 tingkatan sehingga menyerupai panggung.

Pada panggung pertama yang menjadi tujuan utama wisatawan terdapat air mancur yang berderet sejumlah enam buah dengan ketinggian sekitar 2 meter serta lubuk atau kolam alam seluas 4 x 5 meter dengan kedalaman 3 – 4 meter.

Pada panggung kedua hingga ketujuh, nuansa yang dihadirkan air terjun ini berbeda-beda karena ketinggian dari dari masing-masing air terjun tidak sama, yaitu antara 5 – 14 meter. Bahkan, pada panggung ketujuh wisatawan dapat menemukan 2 sumber air sekaligus yang mengucur dari atas ketinggian 10 meter.

Air Terjun Sangeh

Meski hanya memiliki dua tingkat, keindahan panorama  Air Terjun Sangeh tidak kalah indahnya dari Air Terjun Tujuh Panggung yang memiliki tujuh tingkat. Begitu juga dengan suasana asri dan alaminya, karena lokasi Aair Terjun Sangihe berada di atas perbukitan dan masuk ke dalam lingkungan hutan.

Menariknya, perjalanan menuju ke lokasi wisata relatif mudah untuk ukuran wisata air terjun, karena wisatawan yang berangkat dari Tebing Tinggi dapat baik angkutan umum sejauh 7 km ke Desa Terusan Baru dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit. Bahkan, jika wisatawan menggunakan kendaraan roda dua, tidak perlu harus berjalan kaki, karena dapat membawa  kendaraannya hingga ke dekat lokasi air terjun.

Air Terjun Kemang Manis

Kemangmanis merupakan nama sebuah desa yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi. Desa ini menarik untuk dikunjungi, karena memiliki 3 objek wisata air terjun di 3 lokasi yang berbeda-beda dengan suguhan keindahan alam yang berbeda pula tentunya. Ketiga air terjun tersebut bernama Air Terjun Taman Jodoh, Air Terjun Batu Jambat Akar dan Air Terjun Curug Bengkuang.

Daya tarik dari ketiga air terjun yang ada di Desa Kemangmanis tersebut tidak hanya dari sisi keindahannya saja, tapi juga dari lokasinya yang cukup mudah dijangkau karena tidak seberapa jauh dari perkampungan penduduk. Sehingga wisatawan tidak perlu harus menguras tenaga untuk bisa sampai ke lokasi.

Air Terjun Batu Betiang

Nama Air Terjun Batu Betiang mungkin sudah cukup akrab di telinga para traveller karena “Batu Betiang” dipakai untuk nama beberapa objek wisata air terjun seperti di Rejang Lebong, Bengkulu serta di Empat Lawang.

Seperti wisata air terjun pada umumnya, Air Terjun Batu Betiang yang ada di Empat Lawang berada di kawasan hutan dengan akses jalan yang  berat, licin dan terjal, bahkan terkadang ekstrim karena harus menaiki tebing curam.

Menariknya, panorama yang indah tidak hanya ditemui oleh wisatawan saat berkunjung ke lokasi air terjun. Pada saat melakukan perjalananpun, mereka akan disuguhi oleh kecantikan alam khas  kawasan hutan dan perbukitan.

Itulah 4 rangkuman WartaWisata.ID air terjun menawan yang ada di kabupaten empat lawang

Komentar kamu?