Menjelajah Air Terjun Waeura yang Tersembunyi di Kabupaten Buru

Air Terjun WAeura adalah air terjun yang perawan dan terjaga alamnya di di Desa Waetele, Kecamatan Waeapo, Buru, Maluku.

155 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Buru merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak kekayaan alam, mulai dari darat hingga laut. Di darat bukan hanya tambang, namun disejumlah lokasi memiliki potensi wisata yang dapat dikunjungi para wisatawan, seperti Danau Rana maupun beberapa lokasi air terjun.

Salah satu kawasan air terjun yang sudah terkenal adalah air terjun Waetele yang berlokasi di Desa Waetele, Kecamatan Waeapo. Air terjun ini diakui sejumlah pengunjung memiliki keindahan tersendiri. Belum lagi panorama alam disekelilingnya yang masih asli dijamin akan memukau mata setiap orang yang berkunjung.

Lokasi air terjun ini Waetele sendiri berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Namlea, atau sekira 2 km dari permukiman masyarakat Desa Waetele. Lokasi air terjun ini juga tidak terlalu jauh dari Bendungan Waetele.

Walau lokasi dan aliran sungainya tidak seluas atau sederas air terjun di Desa Waprea dan di Desa Waeura. Namun, keindahan alam sekitarnya, dan kesegaran airnya mulai menarik simpati banyak orang.

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 15 meter itu memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Tempat yang syahdu sembari menikmati gemericik air yang mengalir yang begitu menentramkan bagi para wisatawan suara gemericik air terjun dan ketenangan alamnya membuat kita enggan beranjak dari tempat ini, tentu tempat ini juga sangat cocok untuk berfoto-foto karena banyak spot yang unik ditempat ini kita bisa mandi atau sekedar mencuci muka disini.

Pengelolaan air terjun Waetele saat ini masih dilakukan oleh masyarakat Waetele. Setiap pengunjung diwajibkan membeli karcis masuk sebagai bentuk retribusi untuk desa dan keamanan atau pemeliharaan kawasan tersebut.

Komentar kamu?