3 Kuliner Singkong, Gurih Legit Khas Ende

Selain pesona alam yang menakjubkan, kuliner khas Ende juga patut dicoba, terutama makanan lokal berbahan dasar ubi kayu atau singkong khas salah satu kota di Nusa Tenggara Timur ini.

47 views
0

WartaWisata.ID – Ende merupakan kabupaten di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur dengan populasi mencapai 282.154 jiwa. Kota yang berbatasan langsung dengan Laut Flores dan Laut Sawu ini menyimpang beragam destinasi wisata dan kuliner yang menakjubkan. Berkunjung ke Ende tak lengkap jika tidak mencoba makanan khas Ende yang menggoda lidah.

Salah satu komoditas unggulan yang menjadi bahan utama sebagian besar makanan khas Ende adalah ubi kayu atau singkong. Secara tradisional, ubi kayu menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia di berbagai daerah karena mengandung cukup tinggi kalori dan sumber energi yang baik. Singkong sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Ende. Pada zaman dahulu, ubi kayu menjadi makanan pokok, tetapi sekarang makanan dari umbi-umbian hanya sebatas pelengkap nasi atau makanan selingan.

Nah, berikut tiga jajanan yang terbuat dari ubi kayu atau singkong khas Ende yang bisa menemani kalian berlibur ke Kota Pancasila ini.

Uwi Ndota

Uwi Ndota adalah ubi cincang yang dimasak dengan bahan utama ubi kayu Ende yang diparut dan dikukus selama satu jam. Ubi dicincang kemudian diremas dan diperas hingga airnya keluar. Ubi cincang hasil perasan diletakkan di dalam wadah dan ditaburi garam secukupnya dan dikukus hingga matang. Sederhana tapi gurih.

Alu Ndene

Alu Ndene sering disebut juga dengan pizza-nya orang Ende. Makanan ini terbuat dari perasan air singkong yang ditampung dan diendapkan. Setelah diendapkan, air bagian atas yang membening dibuang, kemudian sari pati atau endapannya digunakan sebagai bahan utama membuat alu ndene. Endapan ini sebelumnya dijemur terlebih dahulu untuk dijadikan tepung tapioka ubi. Tepung ini kemudian dicampur dengan air atau santan menjadi adonan, lalu langsung dipanggang di atas penggorengan.

Keripik Singkong Nuabosi

Ubi nuabosi merupakan ubi lokal dari dataran tinggi Ndetundora, Kabupaten Ende. Ubi ini mempunyai rasa yang sangat enak, berbau wangi, dan mempunyai bentuk yang lebih besar daripada ubi lokal lainnya. Sebagai salah satu jenis singkong terbaik, ubi ini cocok diolah apa saja salah satunya dijadikan keripik singkong nuabesi. Keripik ini mempunyai tekstur yang lembut, gurih, dan renyah. Jajanan khas Ende ini juga mempunyai beberapa varian rasa diantaranya asin, jagung bakar, balado, manis, dan rasa keju.

Komentar kamu?