3 Destinasi Wisata Kabupaten Lamandau

3 Surga terpendam di Lamandau ini bisa juga menjadi referensi kamu jika ingin liburan di Kabupaten Lamandau ini

61 views
0

WartaWisata.ID – Lamandau yang berada di Kalimantan Tengah ini berdekatan dengan pegunungan Muller Schwaner, pegunungan ini dijuluki sebagai The Heart of Borneo. Untuk mencapai daerah ini, bisa melalui Kabupaten Kotawaringin Barat. Bandara Iskandar di kota Pangkalan Bun.

Melalui jalur darat, kamu akan menempuh waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Pangkalan Bun ke Nanga Bulik, Ibukota Lamandau. Lalu apa saja lokasi wisata di Kabupaten Lamandau?

Mendaki surga di Bukit Sebayan

Bukit Sebayan diyakini masyarakat Dayak Tomun, yang menganut agama Kaharingan, sebagai lokasi surga bagi orang yang telah meninggal dunia. Bukit ini juga masih menyimpan hutan-hutan perawan yang eksotik.

Disarankan bagi yang ingin mendakit bukit untuk ditemani oleh pemandu dari penduduk sekitar. Hal ini karena ada kepercayaan dan pantangan yang menjadi budaya sejak dulu. Di bukit ini banyak terdapat flora bernama bunga Sebayan. Daya tarik Bukit Sebayan bagi para petualang adalah lokasinya yang menantang. Jarak dari ibukota kabupaten ke bukit ini sekitar 3,5 jam.

Rumah Betang Ojung Batu, Rumbang Pirak, dan Rumbang Rongas

Ada tiga rumah betang yang menjadi cagar budaya di kecamatan Delang, yaitu Ojung Batu, Rumbang Pirak, dan Bintang Timur. Ojung Batu merupakan rumah betang yang bentuknya sedikit modern seperti gambar di atas.

Dulu, Ojung Batu dimiliki oleh seorang dayak yang memiliki puluhan hingga ratusan tajau (tempayan) yang disimpan di rumah tersebut. Sementara itu Rumah Betang Rumbang Pirak berbentuk lebih kecil dibandingkan Ojung Batu. Rumbang Pirak bahkan terletak di tepi sungai. Rumah betang ini sangat istimewa karena mempertahankan originalitasnya. Tiang-tiang penyangga masih kayu ulin asli dengan kulitnya yang tampak.

Air terjun Palikodan, Tambai, dan Rohap

Air terjun ini dinamakan Air Terjun Palikodan. Ada empat tingkatan pada air terjun. Air terjun Tambai mesti ditempuh melewati ladang-ladang warga sekitar. Jika pergi pagi-pagi, kamu bisa bertukar sapa dengan penduduk yang sedang bekerja. Selanjutnya, jika kamu berjalan lebih ke hulu, kamu akan menemukan Air Terjun Rohap. Lokasinya sekitar 200 meter dari Air Terjun Tambai. Sepanjang mata memandang hanya ada hutan yang lebat.

Nah, jiwa-jiwa petualang, kamu bisa memilih Lamandau menjadi destinasimu selanjutnya. Selamat menjelajah dan tetap jaga etika agar petualanganmu menyenangkan, ya!

Komentar kamu?