Tempat Wisata Balikpapan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Kota Balikpapan terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur, kota ini menghadap ke arah Selat Makassar. Tempat wisata di Balikpapan memiliki dukungan infrastruktur yang baik.

61 views
0

WartaWisata.ID – Balikpapan merupakan sebuah kota yang terletak di Kalimantan Timur, Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sebanyak 701.066 jiwa, yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk asli Kalimantan Timur. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari julukannya sebagai Kota Minyak. Maskot Kota Balikpapan sendiri adalah beruang madu, walaupun sekarang hewan ini sedang berada di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar). Anda mungkin lebih mengenal kota ini hanya dengan minyaknya. Meski demikian, kepariwisataan di Balikpapan mampu memberikan sesuatu yang menghibur.

Kota Balikpapan terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur, kota ini menghadap ke arah Selat Makassar. Tempat wisata di Balikpapan memiliki dukungan infrastruktur yang baik. Di samping penerbangan dari berbagai maskapai, Balikpapan juga memiliki sejumlah hotel berbintang yang memberikan layanan kelas wahid, selain itu masih terdapat berbagai hotel dengan tarif terjangkau lainnya di sekitar kota. Ada dua pantai yang menjadi tempat wisata yang paling ramai dikunjungi di Balikpapan, yaitu Pantai Kemala dan Pantai Manggar.

Jika Anda menyukai wisata alam, maka tempat terbaik yang dapat Anda datangi adalah Hutan Lindung Sungai Wain, sebuah hutan tropis yang sangat alami dan adalah rumah bagi sejumlah flora dan fauna langka di dunia. Jika Anda ingin sesuatu yang berbeda, Anda dapat pergi ke Penangkaran Buaya Teritip untuk menyaksikan dan memberi makan buaya – buaya yang ada disana. Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Balikpapan yang dapat Anda kunjungi:

Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo ini adalah hutan kota di Balikpapan, lokasinya terletak dekat dengan pusat kota. Di dalam kawasan hutan, terdapat jembatan kayu sepanjang 800 meter yang berfungsi sebagai sarana penunjang bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman wisata di hutan tersebut. Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini memiliki menara intai, yang berguna untuk menyaksikan aneka burung yang tinggal dan hidup di hutan bakau tersebut.

Jika Anda ingin menyaksikan hewan bekantan, maka datanglah di saat pagi hari tiba atau saat matahari kembali ke peraduannya. Jangan khawatir, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk dapat masuk ke tempat wisata Balikpapan ini. Hanya saja, Anda wajib menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak mengambil properti atau aset wisata apapun yang ada di lokasi ini.

Pantai Kemala (Pantai Polda)

Pantai Kemala adalah salah satu tempat wisata di Balikpapan yang paling ramai dikunjungi oleh para penikmat perjalanan, terlebih di saat akhir pekan dan hari libur. Terletak di daerah pusat kota Balikpapan, tepatnya di seputaran Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Selatan. Pantai Kemala ini terkenal dengan sebutan Pantai Polda. Di kawasan pantai ini, terdapat berbagai restoran bagi Anda yang ingin bersantap sembari menikmati keindahan panorama laut. Sajian menu makanan disini cukup variatif, mulai dari masakan berbagai daerah di Indonesia hingga masakan Eropa juga tersedia untuk Anda. Selain berenang di pantai, kegiatan menarik yang dapat dilakukan di antaranya duduk bersantai dan bercengkerama di pinggir pantai serta menikmati hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Jika Anda ingin bermain banana boats, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 25.000 per orang.

Bahkan bermain jet ski dapat dilakukan di tempat wisata Balikpapan yang satu ini, Anda dapat menyewa jet ski sebesar Rp 800.000per orang selama 1 jam. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Kemala ini sebesar Rp 500 per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 1000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda empat.

Monpera

Inilah tugu yang menjadi simbol keberanian rakyat Balikpapan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monpera ini berada di pusat kota Balikpapan, tepatnya terletak di Jl. Jenderal Sudirman dan berada di depan markas Makodam VI Tanjung Pura. Monumen ini memiliki latar belakang pantai berpasir putih dan dikelilingi taman yang tertata apik. Di lantai bawah monumen ini, terdapat sebuah museum kecil dan di bagian belakangnya ada panggung terbuka.

Pada sejumlah acara atau event khusus, sering diadakan pertunjukan-pertunjukan tradisional di tempat wisata Balikpapan yang satu ini. Untuk dapat masuk ke monumen, Anda harus membayar karcis masuk kendaraan sebesar Rp 1000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda empat.

Hutan Lindung Sungai Wain

Inilah hutan tropis yang masih belum dijamah tangan – tangan jahil manusia yang ada di Balikpapan. Dengan luas hutan sebesar 10 ribu Hektar, Hutan Lindung Sungai Wain adalah tempat perlindungan dari sejumlah jenis satwa dan flora langka, seperti orangutan, beruang madu, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan yang bernama Jahe Balikpapan. Berlokasi di KM 23 Jalan Balikpapan – Samarinda, tersedia empat paket kunjungan yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan pengalaman wisata di tempat ini.

Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah tamu yang ingin berwisata di kawasan hutan lindung. Biayanya mulai dari Rp 350.000 untuk Paket A yang dapat digunakan untuk 1 – 6 orang. Tersedia dua tur yang dapat Anda pilih, yakni tur “Track Eko-PLH-Kebun Raya” dan tur “Mangrove dan Selok Puda”. Juga, ada pemandu wisata yang akan membantu Anda dalam menyusuri hutan lindung ini.

Komentar kamu?