Pantai Syari, Tempat yang Indah dan Bersejarah

Pantai Syari adalah pantai indah yang baru di resmikan yang terletak di Manokwari Selatan, Papua Barat.

136 views
0

WartaWisata.ID – Pantai Syari dapat dibilang merupakan satu obyek wisata baru di Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Dibuka pertama kali untuk umum yaitu pada bulan September tahun 2017 lalu oleh masyarakat, namun pantai secara resmi baru diperkenalkan oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan sebagai salah destinasi wisata pantai pada bulan April tahun 2018.

Ada banyak pesona yang ditawarkan pantai Syari selain hamparan pasir dengan laut yang cukup teduh, hutan mangrove disekitar pantai pun turut menambah pesonanya. Selain itu, pemandangan yang memikau dari pantai layak diberi jempol. Dari pantai Syari, secara langsung kita dapat melihat sebuah keindahan Gunung Botak yang sudah sangat terkenal dan juga bayang-bayang pulau Rumberpon.

Pantai Syari sekarang sudah menjadi destinasi wisata pantai bagi masyarakat dari dalam maupun luar Kabupaten Manokwari Selatan. Dan sebagai pantai wisata, beberapa infrastruktur telah disediakan bagi pengunjung yaitu pondok-pondok, WC dan ruang ganti. Sedangkan akses jalan menuju sudah tersedia, meskipun masih berupa jalan hamparan namun cukup aman dan bisa dilewati kendaraan beroda 2 maupun roda 4.

Tidak hanya wisata alam, di Pantai Syari tidak jauh dari pantainya kita dapat menemukan salah satu peninggalan religi menarik yakni tugu penginjilan yang tertanggal 1863-1967. Dalam tugu tersebut tertulis nama Pdt Van Hasselt, yakni salah satu yang sangat berjasa dalam menyebarkan injil ke kampung syari. Kampung syari sendiri sudah tidak ditinggali karena pada tahun 1975, masyarakat kampung memilih pindah dan menetap di pinggir jalan trans papua barat.

Meskipun sudah sejak lama ditinggalkan oleh penghuninya, namun keindahan pantai Syari dan sejarah masih masih tetap ada sampai saat ini.

Komentar kamu?