Pantai Lakey, Pantai yang Diincar Para Peselancar

65 views
0

WartaWisata.ID – Keunikan Pantai Lakey di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat dibandingkan dengan spot-spot surfing di tempat lain karena ombak kidalnya. Istilah ombak kidal karena memiliki arah ombak sapuan ke kiri bukan ke kanan sebagaimana umumnya pantai lainnya. Keunikan ini juga didukung dengan keindahan pantainya yang sudah
terkenal di wisatawan terutama di kalangan penyuka selancar atau surfing.

Selain itu, angin laut yang terbilang kencang di kawasan ini juga mendukung kegiatan surfing, wind surfing, atau kite surfing. Pantai Lakey punya menara yang terletak di ujung pantai, sehingga para fotografer bisa mengabadikan gambar melalui tower tersebut. Pada musim lomba, tower ini digunakan oleh para juri untuk menilai para peserta lomba surfing yang
datang dari berbagai negara.

Menurut saya Pantai Lakey ini adalah spot untuk sunset dan sunrise, karena letak sunset ada di sebelah kiri pantai dan sunrise ada di sebelah kanan pantai. Saya merekomendasikan buat pencinta fotografi untuk menginap semalam di sini, karena anda bisa mengabadikan sunset dan sunrise sekaligus.
Pantai Lakey memiliki empat jenis ombak yang disebut-sebut oleh para peselancarnya, yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Jenis yang paling menantang dan hebat untuk berselancar adalah Lakey Peak karena menyuguhkan tantangan ombak dari arah kiri maupun kanan. Pada bagian kiri berbentuk terowongan panjang, sementara di bagian kanan berupa gulungan ombak yang sempurna untuk berselancar.
Karena saya tidak bisa surfing, saya hanya bisa terkagum-kagum dengan kelincahan dan kelihaian para peselancar ini meliuk-liuk di atas ombak.

Bulan April hingga Oktober adalah saat terbaik mengunjungi pantai ini, terutama puncak kunjungan terjadi pada bulan April-Mei. Pada saat-saat tersebut, pantai ini akan dikunjungi sekira 300 wisatawan asing yang menghabiskan waktu hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tinggal di sana untuk berselancar.

Keindahan alam dan ombak yang menantang di Pantai Lakey memang sangat menarik untuk dikunjungi para peselancar dan juga para fotografer. Sayangnya pada saat saya ke sini, saya punya waktu sehari dan tidak musim ombak pula. Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan di pantai yang berjarak tempuh sekitar 30 menit sampai 1 jam dari Kota Dompu ini tentu saja memotret, berselancar (surfing), wind surfing, atau kite surfing.

Komentar kamu?