Kuliner Khas Banjarmasin yang Sayang Dilewatkan

Potongan lontong yang dijasikan lebih besar bila dibandingkan dengan hidangan dengan serupa lainnya. Seporsi lontong ori biasnya diberikan dua potongan lontong berukuran besar.

63 views
0

WartaWisata.ID – Sajian kuliner memang selalu menjadi incaran bagi para pengunjung yang suka traveling di beberapa tempat wisata, contohnya Lontong Orari di Kota Banjarmasin. Pasalnya, Kota Seribu Sungai ini tidak hanya terkenal dengan soto khas Banjar saja, lho, tapi juga Lontong Orari.

Hidangan ini dinamakan Lontong Orari karena rumah makan atau warung yang menyajikan lontong ini dulunya sering dijadikan tempat berkumpulnya para pemuda Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) setiap malam. Makanan ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan lontong biasanya. Bentuk lontong segitiga dengan sayur berupa nangka dan sajian ikan haruan atau ayam menambah kenikmatan tersendiri.

Potongan lontong yang disajikan lebih besar bila dibandingkan dengan hidangan dengan serupa lainnya. Seporsi Lontong Orari biasanya diberikan dua potongan lontong berukuran besar. Dengan tekstur yang lembut dan kenyal, lontong ini sangat cocok untuk disantap dengan kuah sayur yang gurih dan manis. Rasa gurih pada kuah dihasilkan dari santan yang dimasak dengan sayur nangka dan bumbu merah. Meskipun berwarna merah, tapi rasanya cenderung manis ketimbang pedas khas kuliner masyarakat Banjar. Wah bikin ngiler, ya!

Seporsi Lontong Orari memiliki varian harga, tergantung lauk yang dipilih. Satu porsi lontong dengan toping telur dan ayam dibanderol dengan harga berkisar Rp. 33.000. Sedangkan satu porsi komplit dengan toping lauk ikan haruan, telur dan ayam dibanderol dengan harga Rp. 60.000.

Buat kalian yang berencana untuk datang ke Banjarmasin dan penasaran dengan sajian kuliner ini bisa datang ke Rumah Makan Lontong Orari. Rumah makan ini berlokasi di Jalan Sungai Mesa, Seberang Masjid Kota Banjarmasin. Kalian dapat menikmati sajian kuliner khas ini di waktu sarapan, siang, maupun malam hari karena Lontong Orari cocok untuk dikonsumsi di segala kondisi cuaca.

Komentar kamu?