Indahnya Pulau Segajah di Bontang

Pulau ini terletak di Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Anda hanya bisa berkunjung di pulau ini saat siang hari, lebih tepatnya ketika air laut surut.

53 views
0

WartaWisata.ID – Di Bontang Kalimantan Timur terdapat pulau aneh bernama Pulau Segajah. Pulau ini terletak di Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Anda hanya bisa berkunjung di pulau ini saat siang hari, lebih tepatnya ketika air laut surut. Ketika air laut pasang, Pulau Segajah seolah tenggelam dan tidak terlihat.

Bila Anda ingin berkunjung ke pulau ini haruslah pada saat siang hari, atau lebih tepatnya ketika air laut sedang surut. Karena saat air laut mulai pasang, maka Pulau Segajah seolah-olah akan tenggelam dan tidak terlihat. Selain keunikannya itu, Pulau Segajah mempunyai pemandangan alam yang cantik. Pulau ini memiliki pasir yang putih, Air lautnya sangat jernih hingga terlihat dasar lautnya yang dihuni oleh banyak sekali bintang laut. Dari sekian banyaknya bintang laut di sana, yang mendominasi adalah bintang laut berwarna cokelat dan kemerahan. Ada juga sedikit bintang laut berwarna biru.

Kejernihan pantai di Pulau Segajah ini akan membuat Anda terpesona dengan keanekaragaman biota lautnya. Selain snorkeling dan diving, Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan pasir putihnya yang meneduhkan pandangan. Keindahan akan panoramanya juga mengundang para fotografer untuk memburu foto-foto yang menakjubkan sehingga menjadikan Pulau Segajah sebagai salah satu objek favorit para fotografer.

Menurut H Ali Kasim, pemangku adat Bontang Kuala, pulau ini dinamakan Pulau Segajah karena bentuknya menyerupai seekor Gajah. Tak seperti namanya, pulau ini memiliki luas yang terhitung sangat kecil. Hanya ada gundukan pasir di tengah laut tanpa ada pohon, apalagi rumah. Dan saat sekarang ini, setiap akhir pekan atau hari libur sekolah, ratusan masyarakat Bontang dan luar Kota Bontang sengaja datang ke pulau tersebut hanya untuk berekreasi. Untuk mengunjungi Pulau Segajah ini, Anda bisa menyewa perahu atau kapal motor yang disewakan warga sekitar. Dari pelabuhan Bontang Kuala, Pulau Segajah bisa dicapai dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Komentar kamu?